Selasa 22 Mar 2016 11:08 WIB

Santri Mualaf Belajar Kitab Kuning

Pesantren Mualaf
Pesantren Mualaf

REPUBLIKA.CO.ID,PAMULANG -- Pada Selasa, (15/3) santri Pesantren Pembinaan Mualaf Yayasan Annaba Center Indonesia kembali melakukan kajian. Kali ini, kajian dengan tema Aqidah menampilkan ustadz Ali Akbar sebagai nara sumber.

Kitab yang dibahas adalah kitab Al-Qaulul Mufid yang ditulis oleh Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin. Seluruh santri putra yang mendengarkan kajian terlihat antusias. Ini disebabkan diskusi dua arah yang dilakukan membuat suasana yang tidak monoton dan penuh dengan rasa ingin tahu.

Setiap santri diberi kesempatan untuk membaca tiga hingga empat baris tulisan berbahasa Arab yang semi berbaris. Meski terbata-bata, namun para santri yang notabene berlatang belakang mualaf tersebut tidak sungkan untuk membacanya.

 

 

Sekretaris pesantren Annaba Center Indonesia, Ustaz Ozi Setiadi, menjelaskan bahwa program “Ngopi” ngobrol perkara iman kali ini akan dilanjutkan setiap seminggu sekali.

“Kontinuitas program ngobrol perkara iman di pesantren Annaba Center ini akan terus dijaga. Oleh sebab itu, penggunaan kitab berbahasa Arab sebagai salah satu bahan bacaan diharapkan dapat menunjang para santri dalam meningkatkan kualitas keilmuan mereka, selain untuk mengenalkan mereka dengan karya-karya berbahasa asing, baik Arab dan tidak menuntup kemungkinan bahasa Inggris.”, jelas ustadz Ozi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement