Senin 31 Aug 2015 21:21 WIB

Aher Beri Nama Mualaf Cilik

Kang Aher dan Teh Netty bersama mualaf cilik, Mark Mc Manus
Foto: Mualaf.com
Kang Aher dan Teh Netty bersama mualaf cilik, Mark Mc Manus

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Pada Ahad kemarin, Mualaf Center Indonesia bersilaturahim bersama Kang Aher (Sapaan Akrab Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan) dan teh Netty (Sapaan akrab, istri Gubernur Jawa Barat, Netty Heryawan). Pada kesempatan itu, MCI mengajak mualaf cilik, Mark Mc Manus (9 tahun) bersama kak Devia Sherly

Kang Aher dan teh Netty sangat senang melihat Mark yang baru setahun masuk Islam sudah pandai mengaji. Oleh kang Aher diberi nama Islam Muhammad Mark Muharrom Mc Manus.

Berikut penjelasan nama Islam Muhammad Muharom dari kang Aher:

Muharom terdiri atas 4 huruf, yaitu min, ha, ra dan yang terakhir mim.

A. Min, ini mengandung makna tersendiri yaitu mujahadatun nafsi (memerangi hawa nafsu).

Dalam Alquran, Allah Swt telah telah berfirman (QS. Al-ankabut:6) Wa man jahada painnamaa yujaahidu linafsihi innallaha laghoniyy ‘anil ‘alaminin “artinya Barangsiapa berjuang maka sebenarnya ia berjuang untuk melawan nafsunya sendiri”.

"Nafsu ini adalah musuh besar yang menghalangi kita menuju ke hadirot Illahi. Dan barang siapa yang dapat mengalahkan hawa nafsu maka ia tergolong orng-orang yang beruntung."

B. Ha, Hifdzul Hurmati (menjaga kehormatan)

Syekh Abdul Qodir Jaelani dalam kitabnya tafrihul khotir dan Ahmad Sohibul Wafa tajul ‘Arifin, dalam kitabnya miftahu shuduur , beliau mengatakan : “ Barangsiapa yang menjaga kehormatan Allah, maka Allah akan menjaga kehormatannya”.

C. Ra, Rodiyallah (Ridho Allah).

(QS. Al-maidah :119), Allah berfirman : Allah ridho kepada mereka dan mereka pun ridho kepada-Nya, itulah kebahagian besar. (QS. Al Maidah: 119)

D. Mim, Mahabbatullah (Mencintai Allah)

Ibnu Athoilah berkata,”Tidaklah kamu mencintai sesuatu kecuali kamu menjadi hamba baginya, dan dia tidak ingin kamu menghamba kepada selain-Nya”

Juga dalam Firman Allah ditegaskan : “Katakanlah jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, maka ikutilah aku, maka Allah akan mengasihimu”.( QS.Ali Imron:31)

Jadi arti nama Muhammad Mark Muharram adalah ummat nabi Muhammad yang menjaga hawa nafsu, menjaga kehormatan, mencintai Allah dan diridhoi Allah. Kita doakan Mark menjadi muslim yang kaffah, menjadi saksi hidup Islam Rahmatan Lil Alamin bagi sesamanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement