Rabu 13 May 2015 09:56 WIB

Terinspirasi Film Prancis, Hamza Tempuh 7.000 Kilometer ke Makkah

Hamza saat di Tanah Suci
Foto: arabnews
Hamza saat di Tanah Suci

REPUBLIKA.CO.ID,Suara adzan mengantar seorang warga Prancis keturunan, Alexander mengikuti suara kebenaran yang dicarinya semenjak enam tahun lalu. Puncak kecintaannya pada Allah SWT pun diwujudkan dengan berumrah bersama sang istri dengan mengendarai mobil medio Oktober 2014 lalu.

Jarak sepanjang 7.000 kilometer menuju kota Mekkah yang ditempuh Hamza, nama Alexander setelah memeluk Islam, dinilainya sebagai sebuah proses pencarian makna ibadah.

“Suara adzan pertama waktu itu menginspirasiku untuk mencari sebuah nilai kebenaran. Begitu pula perjalanan umrah ini yang memberikan perasaan berbeda yang menjalar di seluruh tubuhku dan membuatku terhenyak,” ujar Hamza pada Arab News.

Ia pun menceritakan alasannya untuk menempuh jalur darat saat berumrah. Selain ingin merasakan perjuangan menuju Baitullah, ia terinspirasi sebuah film besutan Prancis, Le Grand Voyage  yang berkisah tentang seorang ayah dan anaknya yang ingin menunaikan ibadah haji via jalan darat.

Rute yang harus dilalui Hamza pun sama seperti alur kisah film tersebut. Diawali dari Prancis, lalu menuju selatan melintasi Maroko, Mauritania, dan Burkina Faso. Barulah Hamza mengurus visa di Kedubes Saudi Arabia di Niger.

Namun, Hamza dan sang istri tak menyangka, proses pengurusan visa butuh waktu beberapa bulan. Akhirnya, setengah putus asa, ia memutuskan pulang terlebih dahulu ke Prancis.

Tak disangka-sangka, jika Allah SWT berkehendak. Hamza ditelepon staf Kedubes Saudi Arabia dan diberitahu bahwa ia dan sang istri menjadi tamu Raja Saudi Abdullah di antara 1.000 orang lainnya untuk berhaji. 

“Segala kesulitan dan masalah di dunia yang kami rasakan serasa lenyap saat kami sudah berada di depan Baitullah. Saya hanya bisa menangis di depan Ka’bah sambil bersyukur pada-Nya dan Raja Abdullah atas kesempatan langka ini,” ungkap Hamza dengan bahagia.

Cerita inspiratif  Hamzah ini juga dilakoni oleh para backpacker Muslim asal Bosnia. Mereka menempuh jarak 5.700 kilometer dua tahun lalu untuk berhaji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement