Senin 16 Mar 2015 09:22 WIB

Kaum Dalit India Temukan Kesetaraan dalam Islam

Rep: c83/ Red: Agung Sasongko
Warga Dalit India
Foto: Stevecummry.com
Warga Dalit India

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Menghadapi intoleransi agama yang meningkat di  India, seorang Dalit memutuskan untuk memeluk Islam. Sebelumnya, salah seorang anggota komunitasnya tidak diberi akses ke sebuah kuil terkemuka.

"Apa gunanya menjadi seorang Hindu dan memiliki benang suci ini di pergelangan tangan saya jika saya bahkan tidak bisa masuk kuil dan melakukan pemujaan," ujar Shyam Singh, atau Azad seperti dilansir onislam (15/3).

Azad dan masyarakat Dalit Valmiki di desa Moga dari Meerut dilarang melakukan pemujaan di kuil terkemuka Valmiki November lalu. Pada waktu itu, imam masyarakat Yadav mengatakan kepada Dalit Valmiki bahwa mereka tidak memiliki hak untuk melakukan pemujaan.

Saat mereka menegaskan panggilan untuk persamaan hak, Dalit dituduh oleh para pejabat lokal perdamaian dan harmoni komunal sebagai pengganggu.  "Semua dari mereka ingin kita untuk tidak masuk Islam, namun tidak satupun dari mereka ingin kita untuk mendapatkan status yang sama di kalangan umat Hindu," kata Azad

Baginya, melarikan diri dari desanya ke Nepal akan lebih aman di tengah ancaman terus-menerus dan pelecehan. Dalit adalah kaum yang memiliki sistem sosial yang rendah di India. Dalit sering melakukan pekerjaan yang paling kasar, berada dalam garis kemiskinan, serta sering di diskriminasi di sekolah atau universitas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement