Selasa 13 Jan 2015 20:28 WIB

Ini Tantangan Dakwah di Tanah Papua

Generasi muda Muslim Papua
Foto: Courtesy of suaramuslimpapua.blogspot.com
Generasi muda Muslim Papua

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI --  Cita-citanya sungguh mulia, yakni mendengar suara adzan Shubuh berkumandang di seantero tanah Papua alias Nuu Waar, sehingga mampu “membangunkan” kaum Muslimin di Indonesia. Berbagai upaya pun dilakukan.

Hasilnya, sebanyak 900-an masjid telah tersebar di Papua, ribuan orang dimandikan secara massal, diajari cara berpakaian, dikhitan, dan kemudian dituntun mengucapkan kalimah syahadat. Saat ini 1.400 anak asli Papua telah disekolahkan gratis.

Awalnya dimasukkan ke berbagai pesantren di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi, kemudian menempuh jenjang perguruan tinggi, dalam dan luar negeri. Ratusan di antaranya tengah menempuh jenjang S-1, dan sudah ada 29 orang yang menggondol gelar S-2.

Data di atas hanyalah sedikit dari prestasi yang diukir para da’i Yayasan Al-Fatih Kaafah Nusantara (AFKN). Lembaga ini dikomandani pria gagah bernama M Zaaf Fadzlan Rabbani Al-Garamatan (40).

Dakwah di Papua memang istimewa. Tantangan alam begitu berat. Kultur dan kebiasaan masyarakat pun tak mudah ditaklukkan. Biayanya tinggi. Belum lagi harus berpacu dengan misionaris, yang selama ini sukses mencitrakan Papua identik dengan Kristen.

“Namun berdakwah di wilayah seperti itu luaarr biasa nikmatnya!” ujar Fadhlan dengan mata berbinar.

Nikmat, sehingga pria kelahiran Fak-Fak ini senantiasa menyunggingkan senyum meski harus jalan kaki berhari-hari demi menemui warga binaan. Bahkan tetap tersenyum mendakwahi seseorang yang telah tega memanahnya sehingga siku tangan kanannya berdarah-darah.

sumber : afkn-nuuwaar.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement