Rabu , 06 September 2017, 18:15 WIB

Jenna Si Boneka yang Dapat Membaca Alquran

Rep: mgrol97/ Red: Muhammad Subarkah
saudigazette,com
Boneka Jena.
Boneka Jena.

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI  -- Samira Amarir menciptakan mainan yang dapat menanamkan ajaran Islam kepada anak-anak.

Ia seorang ibu di perancis yang berprofesi sebagai perwira. Mainan ini bernama Jenna, di mana boneka ini tampak seperti barbie. Ide menciptakan Jenna berawal dari dirinya tidak menemukan mainan yang sekaligus membuat anaknya belajar.

“Ketika anak perempuan saya Jenna berusia dua tahun, saya sedang mencari mainan atau alat. Idenya adalah menghasilkan mainan yang memungkinkannya belajar Alquran dengan cepat dan mudah saat dia bermain,” kata Amarir seperti dilansir Saudi Gazette, Rabu (6/9).

Jenna berasal dari bahasa Arab yang berarti surga. Di mana boneka ini mengenakan abaya dan jilbab berwarna ungu. Amarir memulai segalanya dari nol hingga akhirnya Jenna dapat melafalkan empat bab dari Alquran. Ia merancangnya menggunakan perangkat lunak model daring. Ia memberikan warna kulit gelap dan sedikit riasan yang mencerminkan dirinya pada boneka tersebut.

“Bagi saya, sangat penting boneka itu akan menunjukkan sesuatu yang bisa dikenali anak saya, atau setidaknya mengenali ibunya,” katanya.

Keempat bab yang dibaca Jenna tidaklah panjang dan dirancang agar mudah diingat anak. Amarir mengaku, dalam beberapa hari bermain dengan Jenna, anaknya mengikuti ayat-ayat yang dibaca boneka tersebut.

Amarir dan keluarga telah pindah rumah dari Prancis ke Uni Emirat Arab untuk memasarkan boneka tersebut. Setelah empat tahun, Jenna banyak dipesan oleh pabrik-pabrik China. Ia meluncurkan Jenna awal tahun ini di Arab Saudi, Kuwait, Bahrain dan UEA.