Rabu , 03 Mei 2017, 12:42 WIB

Jadi Remaja Masjid, Cara Dude Herlino Makmurkan Masjid

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Indira Rezkisari
Republika/Reja Irfa Widodo
Dude Herlino
Dude Herlino

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam delapan tahun terakhir, artis Dude Herlino mengaku telah bergabung dan menjadi bagian dari remaja Masjid Attin, kompleks Taman Mini Indonesia Indah, Pondok Gede, Jakarta Timur. Artis sinetron itu pun terlibat dalam berbagai program-program dari remaja Masjid Attin.

Salah satu programnya adalah datang ke masjid-masjid lain, kampus, atau sekolah untuk mengajak belajar bersama dan memakmurkan masjid. Ajakan ini disampaikan Dude ke pemuda-pemuda.

Dude pun berharap, program itu dapat menjadi pemicu supaya  orang tertarik datang dan memakmurkan masjid. ''Kami berusaha untuk menjadi jalan untuk bisa mengajak. Paling tidak sesama anak muda, dari sudut pandang anak muda, kita bisa saling mengajak. Sebenarnya ada tempat yang mengasyikan di masjid, ada suasana menyenankan di masjid,'' tutur Dude saat ditemui usai konferensi pers 'Bersih-Bersih 1001 Masjid' di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta Pusat, Rabu (3/5).

Tidak hanya itu, program lain yang dilakukan adalah menggelar kajian-kajian keagamaan oleh ustaz. Di masjid, tutur Dude, orang dapat menyampaikan keluh kesahnya kepada ustaz dan mendapatkan solusi secara islami. ''Itu bagus banget, ketimbang curhat ke orang yang salah. Akhirnya malah disuruh coba-coba, kemudian malah menggunakan drugs,'' tuturnya.

Sebagai salah satu cara untuk mendekatkan diri dan mengajak anak-anak muda ke masjid, lanjut Dude, adalah dengan menggunakan bahasa-bahasa anak muda. ''Kadang-kadang kalau bahasanya rada tinggi, mereka memang rada malas. Jadi kami buat dengan sudut pandang mereka,'' kata suami dari artis Alyssa Soebandono tersebut.