Selasa , 25 April 2017, 19:54 WIB

Jeddah Luncurkan Bus Pariwisata Bertingkat

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Indira Rezkisari
Flickr.com
Kota Kuno di Jeddah, salah satu tujuan wisata menarik di Arab Saudi.
Kota Kuno di Jeddah, salah satu tujuan wisata menarik di Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Bus pariwisata bertingkat dua kini meramaikan jalan-jalan di Jeddah, Arab Saudi. Sejak diresmikan beberapa waktu lalu, bus tersebut menjadi daya tarik bagi wisatawan baik dari dalam maupun luar Saudi. 

Dengan menaiki bus tersebut, wisatawan dapat mengunjungi tempat-tempat wisata favorit di Jeddah. Tur akan berlangsung selama dua jam. Setiap pengunjung cukup membayar 60 Riyal Saudi untuk dewasa dan 35 Riyal Saudi untuk anak-anak, dan mereka pun nisa menikmati perjalanan wisata berkeliling Jeddah. 

Peluncuran resmi bus tingkat wisata itu dilakukan di Jeddah Corniche dan dihadiri oleh Direktur Eksekutif Komisi Pariwisata dan Warisan Budaya Saudi (SCTNH) Cabang Provinsi Makkah Mohammad Abdullah Al-Amri dan Wakil Direktur Eksekutif Al-Hokair Group Bader Al-Hokair. 

Bus akan melewati 30 titik pemberhentian di dua rute, yakni rute hijau dan merah. Bus akan dilengkapi beberapa fasilitas, diantaranya layanan pemandu wisata audio dalam bahasa Arab, Inggris, Urdu, Spanyol, Jerman dan Cina.

Al-Amri mengatakan layanan tersebut akan memberi wisatawan perspektif kota yang berbeda. "Layanan ini akan membuat Jeddah lebih menarik sebagai tujuan wisata bagi pengunjung," ujarnya seperti dilansir dari Saudi Gazette beberapa waktu lalu. 

Al-Hokair mengatakan pengenalan wisata sehari-hari ke Jeddah merupakan langkah besar menuju peningkatan industri kota pariwisata.