Kamis , 13 April 2017, 13:30 WIB

Jilbab Bukan Penghalang Karier

Rep: Irwan Kelana/ Red: Agung Sasongko
Republika/Wihdan
Inez Ayuningtyas
Inez Ayuningtyas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada sebersit ragu hinggap di hati Inez Ayuningtyas  ketika ia memutuskan terjun ke dunia entertainment. Gadis kelahiran Bekasi, 3 Desember 1994  itu sempat bertanya-tanya dalam hatinya, apakah mungkin ia menjadi seorang artis dan tetap mempertahankan busana jilbabnya.

“Saya mengenakan jilbab sejak duduk di bangku SMP Istiqamah Bandung. Jadi saya sempat ragu, apakah saya bisa menekuni dunia keartisan dengan tetap mengenakan jilbab,” ujar bungsu  dari tiga  bersaudara itu saat berbincang dengan Republika.co.id di sela Milad Satu Dekade Program Pembibitan Penghapal Alquran (PPPA) Daarul Qur’an di Balai Sudirman Jakarta, Rabu (5/4).

Suatu hari, tahun 2015, putri dari pasangan Dede Hikmat (Bandung) dan Dedeh Natriyah (Cianjur) itu mengikuti audisi yang diselenggarakan oleh Film Maker Muslim  di Pejaten Village Jakarta. “Dulu saya tidak percaya diri dan minder. Makanya saya ikut audisi, supaya bisa lebih aktif dan percaya diri,” tutur Inez mengungkapkan alasannya ikut audisi ketika itu.

Namun, kata Inez, saat itu ia juga sempat ragu terkait busana hijabnya. “Terus terang, waktu itu saya juga sempat ragu,  apakah Muslimah berjilbab bisa menjadi artis. Saya ingin mengasah dan mengadu kemampuan di bidang akting, tapi tetap berjilbab,” tutur gadis asal Bandung itu.

Inez lolos audisi tersebut. Sejak itu ia terlibat dalam produksi  dua ffilm pendek, yakni  Assalamu’alaikum Sally (dua episode) dan Ramadhan Cantik (Web Series). “Sampai saat ini saya sudah membintangi 30 episode Ramadhan Cantik. Alhamdulillah, Maker Film Muslim mengizinkan saya berakting dengan tetap berkerudung,” tutur dara yang menyelesaikan pendidikan S1 Komunikasi di Binus Jakarta tahun 2016.

Selain itu, gadis yang hobi membaca buku Islam dan  Harry Potter  itu juga menjadi model pemotretan sejumlah butik hijab. Sebut saja Butik Hijab Alsa, Butik Nanabi Collection dan Hijab Sally Heart.

Yang terbaru, artis penyuka film-film thriller itu menjadi pemeran utama film Mengejar Halal produksi Film Maker Muslim  tersebut tayang di bioskop nasional mulai Kamis (13/4).

Dalam film layar pertama yang dibintanginya itu, Inez memerankan tokoh bernama Haura. “Haura ini seorang muslimah usia 28tahun. Temen2 Haura udah pada nikah, tinggal Haura aja yang belum. Dari situ, dia berusaha untuk mengejar halal nya cinta. Suatu saat Haura bertemu dengan Halal,  pengusaha muda, dia jatuh cinta sama Halal. Sampai pada akhirnya dia menghalalkan segala cara untuk bisa mendapatkan cintanya Halal,” tutur Inez.

Dengan segala prestasi yang telah diraihnya selama ini, gadis yang selalu menjaga shalat fardhu lima waktu,  serta rutin shalat Dhuha dan tadarus Alquran setiap ba’da Maghrib  itu mengaku sangat bersyukur. “Saya telah membuktikan, bahwa jilbab bukanlah penghalang karir,” papar dara yang les tahsin dan bahasa Arab tiap Jumat itu.

Inez mengajak para Muslimah untuk jangan pernah takut berkarya dan berkarir dalam bidang apa pun, selama hal itu baik menurut agama. “Jilbab sama sekali bukan kendala bagi kita dalam karir. Justru berhijab itu menjaga kita agar senantiasa melangkah di jalan Allah dalam segala hal, termasuk dalam menekuni karir. Dan yakinlah, bahwa rezeki kita sudah diatur oleh Allah SWT,” papar Inez.

Sebagai Muslimlah, Inez tidak pernah mau berhenti berkarya. Ia kini tengah merintis usaha bisnis jilbab syar’i dengan bendera Inez Ayu. “Jilbabnya sudah mulai diproduksi. Insya Allah diluncurkan pada April 2017. Sementara butiknya di rumah dulu. Saya juga melayani penjualan jilbab secara online,” tutur penyuka warna maroon dan navy itu.

Inez mengaku usaha bisnis hijab itu setidaknya didorong oleh dua hal. “Pertama, untuk berdakwah melalui syiar pakaian Muslimah. Kedua, karena saya menyadari karir di film tidak selamanya. Saya harus kreatif mengembangkan usaha-usaha bisnis dengan tetap menyiarkan dakwah Islamiyah,” kata Inez Ayuningtyas. N

 

Nama: Inez Ayuningtyas

Tempat tanggal lahir: Bekasi, 3 Desember 1994

Anak ke: 3 dari 3 bersaudara

Pendidikan:

·        SD Al Azhar Kemang Pratama dan SD Cijagra I Bandung

·        SMP Istiqamah Bandung

·        SMAN 11 Bandung

·        S1 Komunikasi Binus

Hobi: Membaca buku Islam dan Harry Potter, menonton film-film thriller.

Film:

·        Assalamu’alaikum, Sally

·        Ramadhan Cantik (Web Series), 30 episode

·        Mengejar Halal

Model Butik: Hijab Alsa,  Nanabi Collection dan Hijab Sally Heart.