Selasa 13 Dec 2016 17:19 WIB

Bosnia Bidik Pasar Halal Dunia

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Agung Sasongko
Masjid Vogosca, Sarajevo, Bosnia Herzegovina
Foto: archnet
Masjid Vogosca, Sarajevo, Bosnia Herzegovina

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Pelaku bisnis Bosnia yang tediri dari bank, produsen makanan, dan bisnis perhotelan akan mengadopsi standar halal untuk memanfaatkan pasar halal global yang sedang berkembang pesat.

Hal ini seiring dengan meningkatnya wisatawan dari kawasan Teluk dan pertumbuhan perdagangan dengan dunia Arab.

Bosnia merupakan salah satu negara yang memiliki populasi Muslim terbesar di Eropa. Setengah dari penduduknya adalah Muslim. Bosnia juga telah menjadi pusat regional untuk produk halal karena mendirikan lembaga pertama di Eropa untuk sertifikasi mutu halal pada 2006.

Badan ini telah menyertifikasi ribuan produk dari Bosnia, Serbia, Montenegro, dan Lithuania. Badan ini juga membantu Kroasia, Serbia, dan Makedonia untuk membangun lembaga kualitas halal sendiri.

"Potensi pasar tinggi karena fenomena ini baru dan ada kesenjangan antara permintaan dan penawaran," kata Kepala Dinas Amir Sakic, seperti dilansir yahoo.com, Selasa (13/12).

Ia menjelaskan, di Balkan, pasar halal telah tumbuh sekitar 17 persen setiap tahun selama dekade terakhir. Pasar halal itu bernilai lebih dari 1 triliun dolar pada 2015 dan tumbuh sekitar 15 persen per tahun

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement