Selasa 03 Apr 2018 05:51 WIB

Masjid Jadi Pusat Pendidikan Umat Islam Nigeria

Sekolah Islam pertama didirikan adalah Pusat Studi Alquran.

Muslim Nigeria
Muslim Nigeria

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masjid pertama yang dibangun di Yorubaland dibangun pada 1550 Masehi di Oyo- Ile. Selain untuk beribadah, rumah Allah itu juga menjadi pusat kegiatan belajar- mengajar. Masyarakat berkumpul di sana untuk mendengarkan wejangan tokoh masyarakat setempat.

Kemudian masjid semakin banyak dibangun di kota-kota lain di Yorubaland, seperti Ede, Ikirun, Ijebu-ode, Abeokuta, Ibadan dan Oyo. Jumlah masjid meningkat pesat pada abad ke-18. Selain menjadi tem pat ibadah masjid-masjid tersebut juga berfungsi sebagai pusat sekolah-sekolah Islam.

Perang saudara pada abad ke-18 semakin menjadikan Islam menyebar lebih pesat terutama di bidang pendidikan. Para muballigh memasuki daerah pedalaman dan menyebarkan pengaruh kepada masyarakat setempat. Kehadiran mereka diterima masyarakat berbagai kalangan, tak terkecuali militer.

Sekolah Islam pertama didirikan adalah Pusat Studi Alquran. Para peserta didik di sini mendapatkan pengetahuan mengenai asal-usul dan konten kitab suci tersebut. Pusat Studi Alquran juga mengajarkan studi Islam. Belakangan, orang-orang Muslim mu lai membangun sekolah-sekolah konvensional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement