Sabtu 14 Oct 2017 23:07 WIB

Adab di Dalam Masjid (1)

Rep: A Syalaby Ichsan/ Red: Agung Sasongko
Umat muslim membaca Alquran atau tadarusan di sebuah masjid. (ilustrasi)
Foto: Antara/Jojon
Umat muslim membaca Alquran atau tadarusan di sebuah masjid. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masjid menjadi tempat ber ibadah kaum Mus limin. Khususnya dalam menunaikan shalat berjamaah. Sebagai tempat yang dimuliakan, ada adab-adab yang harus diperhatikan seorang saat memasuki masjid. Rasulullah SAW sangat memperhatikan adab di dalam masjid. Bukan hanya tingkah laku, bau badan pun diperhatikan bagi jamaah yang hendak masuk ke masjid. Kita bisa menemukan dalam hadis yang berasal dari Jabir, betapa Nabi memperhatikan bebauan.

Ketika itu, Nabi SAW melarang orang yang memakan bawang putih, bawang merah, dan kucai untuk mendekati masjid agar malaikat tidak terganggu. Sebaliknya, Rasulullah SAW seperti dikisahkan Aisyah RA mengungkapkan, beliau memerintahkan masjid untuk dibersihkan dan diharum-harumi. Bukan cuma itu, Anas RA mengisahkan, Rasulullah SAW bersabda bahwa pahala membersihkan satu kotoran oleh seseorang dari masjid tampak di hadapan Nabi SAW. Berikut adab selama di masjid yang dikutip dari kitab Fikih Sunnah karangan Sayyid Sabiq.

Orang yang hendak masuk ke masjid disunahkan untuk menggunakan kaki kanan dan membaca doa ketika masuk ke masjid. "Aku berlindung kepada Allah Yang Mahaagung, dengan wajah-Nya yang Mahamulia serta kerajaan-Nya yang azali, dari godaan setan yang terkutuk. Dengan nama Allah, ya Allah, berikanlah rahmat kepada Muhammad. Ya Allah, ampunilah segala dosaku dan bukakanlah untukku semua pintu rahmat-Mu."

Ketika hendak keluar dari masjid, disunahkan untuk melangkahkan kaki kiri lebih dahulu. Layaknya masuk ke dalam masjid, seseorang pun dianjurkan untuk melafazkan doa saat keluar masjid. "De ngan nama Allah ya Allah, berikanlah rah mat kepada Muhammad. Ya Allah, am puni lah segala dosaku, dan bukakanlah un tukku semua pintu keutamaan-Mu. Ya Allah, lindungilah diriku dari godaan setan yang terkutuk."

Setelah masuk ke dalam masjid, disu nahkan untuk melakukan shalat tahiyatul masjid sesuai dengan shalat yang dicontohkan Rasulullah SAW. Sesuai dengan hadis yang bersumber dari Abu Qatadah. "Apabila salah seorang di antara kamu datang ke masjid, maka hendaklah ia datang dua rakaat sebelum duduk!"

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement