Selasa , 17 January 2017, 08:52 WIB

Ternyata Setan Takut Sama Kita, Ini Buktinya

Red: Nasih Nasrullah
Foxnews
Ritual pemujaan setan terjadi di bangunan ini
Ritual pemujaan setan terjadi di bangunan ini

REPUBLIKA.CO.ID, Makhluk Allah SWT yang hidup di dunia lain ini, acap kali membuat takut banyak orang. Aura mistis begitu melekat begitu bersinggungan atau sekadar membahas jin, setan, makluk halus, atau mereka yang sejenis. Bahkan sering kali pula kita manusia dibuat takut dan tak berani bertatap muka. 

Namun, tahukah Anda, jika ternyata makhluk halus dari bangsa jin (setan, memedi, makhluk halus, kuntil anak, pocong, dan lain-lain) itu justru takut dengan kita, umat manusia. Ini dengan catatan bila kita memiliki keberanian yang ditopang dengan iman kuat terhadap Allah SWT. 

Kisah Mujahid bin Jabir, tokoh terkemuka generasi tabiin ini, menegaskan fakta tersebut. Cerita ini seperti dinukilkan dari kitab Gharaib wa ‘Ajaib al-Jin karangan Qadi Badruddin bin Abdullah as-Syibli

Dalam kitab tersebut, seperti diriwayatkan dari Ibn Abi ad-Dunya, Mujahid mengisahkan, suatu ketika ia hendak melaksanakan shalat pada pertengahan malam. 

Belum juga melakukan takbiratul ihram, tiba-tiba sosok misterius seusia anak remaja muncul tepat di depannya. Spontan, Mujahid bergegas hendak menangkapnya. 

Namun, sosok yang ternyata adalah jin tersebut berdiri lalu loncat. Saat hendak kabur itulah ia terjatuh di belakang dinding hingga suaranya terdengar keras. “Ketika itu juga ia tidak kembali lagi,” ujar Mujahid.   

“Ketahuilah mereka itu sebenarnya takut kalian, sebagaimana kalian takut mereka,” kata Mujahid lagi.  

Penegasan lain juga disampaikan Yahya bin al-Jazzar. Ia melihat Abu Syur’ah takut memasuki toilet yang berada di luar rumah pada tengah malam. Yahya pun memintanya agar tak takut. “Sesungguhnya yang engkau takuti itu lebih terbirit-birit (ketika melihatmu),” kata Yahya. 

Mujahid pun kembali berpesan, ketika kita melihat bangsa jin janganlah kalian lari tunggang langgang yang membuat kalian sendiri trauma. “Tetapi hadapilah, dia akan pergi sendiri,” pesannya. Bagaimana, Anda berani berhadap-hadapan dengan setan?"