Senin 18 Jul 2016 10:34 WIB

Taqi Al-Din: Astronom Serbabisa yang Temukan Pompa

Taqi al-Din
Taqi al-Din

REPUBLIKA.CO.ID, ''Ilmuwan terbesar di muka bumi.'' Begitulah Kekhalifahan Usmani Turki di abad ke-16 M menjuluki saintis Muslim serbabisa ini. Pada era itu, tak ada ilmuwan di Eropa yang mampu menandingi kehebatannya. Ia adalah seorang tokoh ilmu pengetahuan fenomenal yang menguasai berbagai disiplin ilmu.

Ia tak hanya dikenal sebagai seorang saintis legendaris. Ilmuwan Muslim kebanggaan Kerajaan Ottoman itu juga termasyhur sebagai seorang astronom, astrolog, insinyur, inventor, fisikawan, matematikus, dokter, hakim Islam, ahli botani, filsuf, ahli agama, dan guru madrasah. Dunia ilmu pengetahuan modern juga mengakuinya sebagai ilmuwan yang sangat produktif.

Tak kurang dari 90 judul buku dengan beragam bidang kajian telah ditulisnya. Sayangnya, hanya tinggal 24 karya monumentalnya yang masih tetap eksis. Sederet penemuannya juga sungguh sangat menakjubkan. Pencapaiannya dalam berbagai temuan mampu mendahului para ilmuwan Barat.

Jauh sebelum Giovani Branca pada 1629 M menemukan tenaga uap air, sang ilmuwan Muslim ini dalam bukunya berjudul, Al-Turuq al-samiyya fi al-alat al-ruhaniyya, telah lebih dulu memaparkan cara kerja mesin uap air dan turbin uap air. Pada 1559 M, pamor saintis Muslim ini juga kian melambung lewat temuannya, yakni pompa six-cylinder 'Monobloc'.

Beragam jam yang amat akurat juga telah diciptakannya. Jam alarm mekanis pertama merupakaan buah karyanya. Ia juga menemukan jam pertama yang diukur dengan menit dan detik. Pada 1556 M hingga 1580 M, sang ilmuwan juga menemukan teleskop yang baru dikenal peradaban Barat pada abad ke-17 M. Sebagai seorang astronom, dia mendirikan Observatorium Istanbul pada 1577 M.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement