Senin 25 Jan 2016 10:53 WIB

Tiga Nabi yang Pernah Tercatat dalam Prasasti

Prasasti Ebla
Foto: UCLA
Prasasti Ebla

REPUBLIKA.CO.ID, Penemuan prasasti Ebla setelah ribuan tahun dan informasi yang dikandungnya sangat penting dalam menjelaskan letak geografis kaum-kaum yang disebutkan dalam Alquran.

Berasal dari masa sekitar 2500 SM, prasasti Ebla memberikan keterangan teramat penting mengenai sejarah agama-agama. Sisi terpenting mengenai prasasti Ebla--yang ditemukan para ahli arkeologi pada 1975 dan yang sejak itu telah menjadi pokok bahasan dari banyak penelitian dan perdebatan--adalah terdapatnya nama tiga orang nabi yang disebutkan dalam kitab-kitab suci.

Ebla adalah sebuah kerajaan yang meliputi suatu wilayah yang di dalamnya termasuk ibu kota Suriah, Damaskus, dan Turki bagian tenggara. Kerajaan ini mencapai puncak kejayaan dalam bidang kebudayaan dan ekonomi. Namun, setelah itu, sebagaimana yang menimpa banyak peradaban besar, menghilang dari panggung sejarah.

Dari catatan yang terawetkan tersebut, tertulis bahwa Kerajaan Ebla merupakan pusat utama kebudayaan dan perdagangan dalam masanya. Penduduk Ebla memiliki sebuah peradaban yang membangun lembaga-lembaga arsip negara, mendirikan perpustakaan-perpustakaan, dan mencatat aneka perjanjian perdagangan secara tertulis. Mereka bahkan memiliki bahasa mereka sendiri, yang disebut sebagai Eblaite. (Bersambung).

sumber : Pusat Data Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement