Rabu 06 Jan 2016 09:53 WIB

Lima Tokoh yang Pernah Mendeklarasikan Diri Sebagai Imam Mahdi

Makam Rasulullah di Masjid Nabawi - Madinah Al-Munawarah
Makam Rasulullah di Masjid Nabawi - Madinah Al-Munawarah

REPUBLIKA.CO.ID, Keyakinan akan datangnya seorang juru penyelamat atau Imam Mahdi berakar kuat, baik di kalangan Sunni maupun Syiah. Keyakinan ini berdasarkan hadis Rasulullah SAW yang menubuatkan datangnya Imam Mahdi.

Dalam hadis yang diriwayatkan Abu Daud, Rasulullah SAW bersabda, Dunia akan dipimpin oleh seseorang dari keluargaku. Namanya sama dengan namaku. Seandainya dunia ini hanya tinggal sehari, Allah akan panjangkan hari itu sehingga ia akan memimpinnya.

Rasulullah juga bersabda, Al-Mahdi berasal dari keturunanku. Ia akan memenuhi bumi ini dengan keadilan dan pemerataan, sebagaimana telah dipenuhi oleh kezaliman dan ketidakadilan, ia akan berkuasa selama tujuh tahun. (HR At-Tirmizi).

John L Esposito dalam Ensiklopedi Oxford, mengungkapkan dalam sejarah Islam, sosok yang mengaku sebagai Imam Mahdi tak terhitung jumlahnya. Pada setiap abad, selalu ada saja tokoh yang memiliki pengikut yang banyak sebagai seorang Imam Mahdi. Berikut lima tokoh yang pernah mendeklarasikan diri sebagai Imam Mahdi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement