Kamis 05 Nov 2015 16:10 WIB

Fakta Menarik Masjid Umar Bin Khattab

Masjid Umar bin Khattab di Madinah
Foto: istimewa
Masjid Umar bin Khattab di Madinah

REPUBLIKA.CO.ID, Salah satu masjid tua bersejarah yang ada di Arab Saudi adalah Masjid Umar Bin Khattab. Masjid tua bersejarah ini terletak di sebelah barat daya Masjid Nabawi. Dahulunya, masjid ini merupakan rumah sahabat Rasulullan SAW Umar Bin Khatab, khalifah ke dua dalam jajaran Khulafaur Rasyidin.

Masjid Umar dibangun pada 850 H oleh Shamsuddin Muhammad ibnu Ahmad as-Salawi. Kemudian dilanjutkan oleh Sultan Mahmoud pada 1254 H serta putranya Abdul Majid di tahun 1266 H. Dia kemudian merenovasi Masjid Umar bin Khattab seperti yang ada sekarang ini. 

Masjid Umar bin Khattab ukurannya memang tidak terlalu besar, apalagi dibandingkan dengan Masjid Nabawi. Karena memang tujuan pembangunnya adalah untuk mengenang Khalifah Umar Bin Khatab.

Seperti dilansir Arab News, Kamis (5/11), Komisi Pariwisata dan Warisan Budaya Nasional Arab Saudi (SCTNH) dan Al-Turath Heritage Foundation baru saja menyelesaikan restorasi 21 masjid di seantero Saudi. Masjid Umar bin Khattab, salah satu masjid yang diperbaiki diperbaiki dengan bantuan perusahaan Al Manakha. 

Masjid ini berbentuk persegi empat. Panjang sisinya kira-kira delapan meter. Masjid dibangun menggunakan batu basal. Bagian dalam masjid dicat berwarna putih dan dipoles dengan kapur. 

Masjid Umar bin Khattab memiliki atap kubah yang tingginya dari dalam kira-kira 12 meter dan dihiasi dengan ornamen tanaman yang indah. Mihrabnya berada di tengah dinding selatan masjid. Di samping kanan dan kirinya terdapat dua jendela persegi panjang. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement