Senin 12 Oct 2015 20:21 WIB

Periode Kelam Muslim Champa di Era Pol Pot

Muslim Kamboja sedang silaturahim.
Foto: thecmdf.org
Muslim Kamboja sedang silaturahim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kekejaman Pol Pot Di Kamboja, pergolakan dan pembantaian massal itu terjadi di bawah rezim Khmer Merah yang dipimpin Pol Pot. Rezim berhaluan komunis ini memerintah Kamboja pada periode 1975-1979, setelah berakhirnya Perang Saudara 1970-1975. Sebelumnya, Kamboja berada di bawah pendudukan Prancis sejak awal abad ke-19.

Hussin Muthalib dalam Islam in Southeast Asia menulis, jumlah Muslim Kamboja pada 1974 sebanyak 550 ribu.

Sebagian besar terkonsentrasi di utara Phnom Penh, Provinsi Kompong, dan sepanjang Sungai Mekong. Jumlah itu berkurang drastis pada masa Khmer Merah.

Salah satu versi menyebut, 70 persen dari total populasi Muslim dibantai. Sementara, menurut data Minority Rights Group International, sepertiga Muslim tewas di bawah kekuasaan rezim. Tak dimungkiri, kekuasaan Khmer Merah menjadi sejarah kelam umat Islam Kamboja.

 

Rezim Khmer Merah menghapus undang- undang keberagamaan di Kamboja. Yang menderita tak hanya umat Islam, tapi juga umat beragama lain. Kekejaman meluas. Di bawah rezim Khmer Merah, semua agama dilarang. Tempat-tempat ibadah dan literatur keagamaan hancur.

Khmer Merah melakukan penganiayaan, pembunuhan, pemerkosaan, serta pembakaran Alquran. Seng Kuoy, saksi sejarah dari etnis Khmer, mengisahkan, kaum Cham di desa-desa tetangganya dipaksa untuk meninggalkan agama mereka.

Dilansir dari Anadolu Agency, sebuah studi yang difokuskan pada kekerasan sek sual yang dilakukan Khmer Merah di Kamboja pada 1970-an telah menemukan, perempuan dari minoritas Muslim Cham di negara itu sengaja ditargetkan.

"Seorang kader Khmer Merah menginginkannya ketika melihat perempuan itu sangat cantik. Suaminya dibawa untuk dibunuh. Empat orang berhubungan seks dengan dia...Dan dia kemudian dibawa untuk dibunuh," ujar seorang Khmer Muslim mengisahkan pemerkosaan brutal seorang wanita Cham.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement