Ahad 04 Oct 2015 09:50 WIB

'Dome of Rock' di Kawasan Manhattan

Rep: Amri Amrullah/ Red: Agung Sasongko
Islamic Cultural Center of New York
Foto: nyc-architecture.com
Islamic Cultural Center of New York

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Benar saja, setelah resmi dibuka, ICC New York memang menjadi ikon baru Islam modern di Manhattan saat itu. Bangunan memiliki kubah masjid layaknya Dome of The Rock di kawasan al Aqsa Palestina. Diameter kubah 27 meter cukup besar, kemudian sebuah menara menjulang tinggi 40 meter sehingga dua karakter, kubah dan menara ini menjadi ciri khas tersendiri ICC di tengah belantara pencakar langit Manhattan.

Secara keseluruhan, struktur bangunan masjid terbuat dari beton, lapisan marmer, dan hiasan kaca. Bentuk bangunan ortogonal kotak persegi terlihat sederhana, namun tetap menampilkan kemegahan dalam identitas keislaman. Ruang khusus shalat terletak di lantai dua. Namun, bila shalat Jumat, lantai pertama bisa digunakan dan mampu menampung lebih dari seribu jamaah. Lantai tiga berupa serambi terbuka tempat membaca Alquran, berkumpul, dan berdiskusi.

 

Di area serambi lantai tiga terdapat area rak buku baik Alquran maupun buku-buku keislaman lain. Bagian dalam kubah terdapat susunan kaligrafi dan pada beberapa bagian langit-langit terdapat jendela kaca yang mampu mengoptimalkan pencahayaan di ruang shalat utama. Di area ruang shalat terdapat lampu gantung hias, berbentuk besi panjang disusun melingkar. Sebuah permadani indah pun terdapat di tengah area shalat lantai dua.

Di lantai dua juga terdapat area mihrab yang terlihat sangat sederhana dan indah, dengan struktur kaca dan bingkai kaligrafi di sekitar mihrab imam. Sebuah mimbar bertingkat sederhana khas Turki pun berada di samping mihrab Imam di lantai dua. Sedangkan, area shalat di lantai satu plester ubin menghiasi semua dinding di area shalat ini, termasuk pada sebuah mihrab yang berlapis ubin khas gaya Islam di Persia. Di area ini juga terdapat bentangan karpet sajadah.

Gaya bangunan masjid yang sederhana namun kental dengan gaya Islam modern kontemporer ini telah membawa ICC New York pada berbagai penghargaan arsitektur. Di antaranya, Award of Excellence dari Asosiasi Desainer Pencahayaan Lampu Internasional pada 1993, Downstate Building Award dari Kontraktor Bangunan Umum dan Milik Negara di New York pada 1992. Kemudian Art and Architecture Award dari Forum Dialog Antaragama pada 1992 dan Interiors Award dari Interiors pada 1992.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement