Ahad 04 Oct 2015 09:28 WIB

ICC New York, Ikon Islam Modern di Manhattan

Rep: Amri Amrullah/ Red: Agung Sasongko
Islamic Cultural Center of New York
Foto: yelp.com
Islamic Cultural Center of New York

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai salah satu pusat bisnis dunia, Manhattan di New York menjadi magnet banyak orang. Warga Amerika dan berbagai bangsa dari belahan dunia berinteraksi di kawasan yang hampir menguasai sebagian besar kekuatan ekonomi dunia.

 

Setelah hampir satu dekade Islam mendapatkan stigma dan pandangan negatif, akibat tragedi World Trade Center (WTC) 11 September 2001, kini ajaran tauhid ini kian bersinar di negeri Paman Sam. Salah satu andil besar adalah hadirnya pusat kegiatan dan kebudayaan Islam di kawasan New York, yang telah ada jauh sebelum tragedi itu. Pusat Kebudayaan Islam New York atau yang biasa dikenal ICC New York kemudian berperan besar mengubah stigma negatif dunia, khususnya di New York.

ICC New York merupakan bangunan pusat keagamaan dan masjid pertama yang dibangun khusus untuk komunitas Muslim di New York. Jauh sebelum tragedi 11 September 2001, ICC New York telah berperan mengakomodasi Muslim New York dan memberikan pemahaman Islam secara benar kepada masyarakat non-Muslim di wilayah ini. ICC New York berada di kawasan timur Manhattan. Bangunan ini didirikan pada 1987 dan selesai pengerjaannya pada 1991.

Biaya pembangunan menelan 14 juta dolar AS yang didapat dari Pemerintah Arab dan komunitas Muslim New York. Desain ICC New York dirancang oleh perusahaan arsitektur kenamaan Amerika, Skidmore, Owings & Merrill (SOM), yang telah berpengalaman merancang berbagai bangunan modern di dunia. Salah satu rancang-desain arsitektur perusahaan ini adalah One World Trade Center pada 2013, yang menggantikan gedung kembar WTC sebelumnya dan gedung tertinggi di dunia, Burj Kalifa, di Dubai pada 2009.

SOM menggunakan desain arsitektur yang mewakili tradisi Islam dengan gaya kontemporer pada bangunan ICC New York ini. Prinsip dasar yang tidak bisa dilepaskan pada gaya bangunan ini adalah penggunaan struktur dan model geometris yang sangat identik dengan khazanah arsitektur Islam.

Michael McCarthy yang dipercaya SOM merancang ICC New York menegaskan rancang bangun masjid dan ICC ini akan menjadi ikon modern Islam di New York saat itu. “Kami merancang masjid untuk Manhattan abad ke-21,” ujarnya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement