Ahad 20 Sep 2015 23:14 WIB

Vijecnica Brcko, Gedung Bersejarah Bosnia Gaya Neomoorish

Rep: Amri Amrullah/ Red: Agung Sasongko
Gedung Vijecnica Brcko, Bosnia
Foto: visitmycountry.net
Gedung Vijecnica Brcko, Bosnia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Negara-negara Eropa memiliki gedung-gedung balai kota yang tua dan indah. Termasuk Distrik Brcko yang berada di timur laut Bosnia Herzegovina.

Tak sekadar gedung balai kota, bahkan gedung itu menjadi ikon monumen nasional. Gedung Balai Kota Brcko atau biasa dikenal dengan gedung Vijecnica Brcko adalah salah satu bangunan yang paling bersejarah dan berharga di Bosnia Herzegovina dari sudut arsitektur pseudomoor atau neomoorish.

Balai Kota Brcko selesai dibangun pada 1892, ketika wilayah Bosnia menjadi wilayah rampasan yurisdiksi Austria-Hungaria. Hal itu terjadi setelah Turki Usmani kalah perang melawan Tsar Rusia.

Kantor balai kota itu terletak di jantung Kota Brcko. Bangunan itu berdekatan dengan jejeran bangunan bersejarah lain, Hotel Posavina dan sebuah kantor bank nasional. Berumur lebih dari seabad, Balai Kota Brcko lolos dari penghancuran perang dan aneksasi Austria Hungaria.

Dalam rentang waktu sekian lama, Balai Kota Brcko mengalami beberapa kali perubahan fungsi. Pada awalnya bangunan ini digunakan sebagai pusat pemerintahan kota, beralih sebagai kantor pos dan telegraf. Dan, sekarang bangunan yang memiliki dua kubah kecil itu digunakan sebagai perpustakaan umum dan galeri.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement