Kamis 27 Aug 2015 18:11 WIB

Apa Isi Istana Topkapi?

Istana Topkapi tampak dari udara.
Foto: visit2istanbul.com
Istana Topkapi tampak dari udara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bangunan Istana Topkapi terbagi atas empat bagian besar yang dipisahkan oleh tiga gerbang utama. Pada bagian pertama istana terdapat sebuah gereja yang dibangun orang Romawi. Kendati demikian, bangunan itu kini digunakan sebagai gedung teater. Selain difungsikan sebagai museum, istana ini juga dimanfaatkan buat pertunjukan opera setiap musim panas selama berlangsungnya Festival Internasional Istanbul.

Di sekitar kompleks Istana Topkapi, yang dikelilingi tembok sepanjang lima kilometer dan empat taman yang rindang, juga dibangun berbagai bangunan pelengkap lainnya, seperti hareem section, paviliun, dapur, ruang pertemuan, dan barak militer. Kelima bangunan ini berada di bagian kedua istana.

Dan bagian terpenting dari kompleks itu adalah hareem section. Di bangunan yang berbentuk apartemen inilah, istri-istri dan ibu para sultan Turki, bertempat tinggal. Para istri tersebut diajarkan cara menari, menyulam, dan memainkan beberapa instrumen musik. Selain sultan, para istri yang berasal dari berbagai negara ini tidak boleh dilihat orang lain. Mereka dijaga dengan ketat oleh para pengawal.

Kamar terbesar di Istana Topkapi berada di hareem section. Ada pula sebuah ruangan yang digunakan untuk pertemuan rahasia. Di ruangan ini terdapat pancuran air untuk mengelabui suara saat pertemuan berlangsung.

Pada bagian ketiga Istana Topkapi terdapat sekolah untuk murid berumur 10 tahun. Semua anak-anak tersebut dipilih oleh sultan dari berbagai pelosok Turki. Sedangkan tempat tinggal para sultan berada di kawasan keempat. Tempat ini biasanya digunakan sultan untuk berbuka puasa pada hari pertama Ramadhan.

Sementara itu, pada bagian depan Istana Topkapi terdapat pintu gerbang yang berfungsi sebagai pintu masuk ke dalam istana. Bangunan ini berupa dua buah menara berbentuk persegi delapan. Bentuk arsitektur pintu gerbang ini merupakan pengaruh dari Bizantium. Pada prasastinya, tertulis pintu ini dibuat pada 1542.

Setelah masuk ke bagian dalam, terdapat dua buah bangunan yang sangat besar. Bangunan pertama adalah bagian dari imperial mint dan dikelilingi oleh tembok-tembok yang sangat tinggi. Bangunan yang didirikan pada 1727 ini berfungsi sebagai kantor atau taman luar.

Sedangkan bangunan kedua atau setelah melewati bangunan tengah (pertama tadi), pengunjung dapat menyaksikan sebuah bangunan yang merupakan tempat berkumpulnya para pejabat istana. Di sini terdapat taman penuh burung merak dan rusa. Bangunan ini dibuat sekitar tahun 1465.

Bagian dapur Istana Topkapi juga memiliki luas yang cukup besar, dengan peralatan yang lengkap dan terbilang canggih pada masa itu. Konon, dapur Istana Topkapi meniru istana sultan di Edirne. Arsitekturnya adalah Mimar Sinan.

Keberadaan dapur istana ini, menunjukkan tingginya nilai pusaka kuliner Turki yang hingga kini masih dipertahankan. Para Sultan Turki di masa lalu memang merupakan patron utama yang menjaga budaya kuliner Turki yang kaya raya.

Kini bangunan istana yang sempat masuk dalam situs cagar budaya UNESCO PBB pada 1985 ini berada di bawah pengelolaan Departemen Budaya dan Pariwisata Turki, dengan penjagaan dari Militer Turki.

Sumber: Pusat Data Republika/Nidia Zuraya/Syahruddin el Fikri

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement