Kamis 28 May 2015 10:16 WIB

Masjid Hulhulemale Selaraskan Alam Tropis Maladewa

Rep: Amri Amrullah/ Red: Agung Sasongko
Masjid Hulhulemale
Foto: pictshark
Masjid Hulhulemale

REPUBLIKA.CO.ID, MALE --  Masjid Hulhulemale merupakan salah satu masjid utama masyarakat Maladewa.

Tujuan utama dibangunnya masjid ini adalah menjadi tempat ibadah bagi penduduk yang akan ditempatkan di wilayah reklamasi baru.

Masjid ini terdiri dari dua lantai dan dapat menampung kurang lebih 900 hingga 1000 jamaah setiap hari. Desain masjid sangat spektakuler dan dengan elemen kontemporer dan telah dikenal menjadi ikon di seantero Maladewa. Ini dapat dikenal dengan model kubah yang cukup luas berdiameter 28 meter. Kubah masjid juga ditopang oleh rangka batang baja pada bagian dalamnya.

Keindahan stuktur geometri kubah ini dapat dinikmati dari dalam di bagian lantai dua masjid yang juga difungsikan sebagai ruang shalat. Sedangkan pada bagian luar kubah terdapat pola geometris segitiga tersusun di setiap bagian kubah, balutan warna emas juga menambah unsur kemegahan. Hal yang sama dapat ditemui pada bagian kubah di minaret masjid yang cenderung menyerupai lekuk berlian.

Keindahan bangunan masjid ini dapat dilihat ketika malam hari ketika efek cahaya keemasan dipantulkan dari sisi kubah. Bangunan masjid ini dirancang mengikuti keselarasan alam tropis di Maladewa. Itu terlihat dengan banyaknya ventilasi udara untuk memudahkan sirkulasi udara. Dinding dan lantai masjid ditutupi dengan granit putih menyesuaikan dengan suasana pasir putih di pantai tropis Maladewa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement