Ahad 29 Mar 2015 06:01 WIB

Chehel Sotoun, Kemegahan Istana 40 Pilar (2-habis)

Rep: Amri Amrullah/ Red: Indah Wulandari
Langit-langit istana Chehel Souton, Iran
Foto: ehsanabbasi.com
Langit-langit istana Chehel Souton, Iran

REPUBLIKA.CO.ID,Dekorasi di dalam paviliun merupakan kombinasi dari seni dekorasi Persia, Cina dan Barat. Perpaduan seni dekorasi ini menjadikan Chehel Sotoun merupakan salah satu monumen sejarah di mana kerajinan kaca, lukisan dinding, kolom kayu digunakan secara luas pada bagian dinding, pilar dan langit-langit muqarnas.

Pada bagian dinding misalnya, dekorasi paviliun dipenuhi lukisan figur gambar manusia yang penuh warna.

Bagian atas dari bagian dalam dinding yang dihiasi dengan enam lukisan dinding, yang mewakili kehidupan istana Safawi dan keberhasilan ekspansi militer.

Daerah di bawah lukisan dinding ini ditutupi dengan lukisan kecil mirip dengan miniatur Persia. Gambar dekorasi tersebut menceritakan peristiwa politik dan militer penting selama pemerintahan Dinasti Safawi dan era Shah Abbas II.

Di antaranya menggambarkan Shah ketika menerima Kaisar Mughal Humayun, yang memerintah pada 1508-1556. Pertempuran Shah Ismail I dan Sultan Ottoman Selim I di Khalduran. Kemudian saat Shah Abbas II menerima pemimpin Khanate Bukhara, Nadir Muhammad Khan.

Sebuah lukisan yang lebih baru menggambarkan kemenangan Nader Shah melawan tentara India di Karnal pada 1747. Model dekorasi bergambar manusia ini dianggap unik dan berbeda dengan situs bersejarah Islam pada umumnya.

Sebab, dalam seni dekorasi Islam sangat jarang menampilkan lukisan manusia pada dekorasi interiornya. Walau demikian, sebuah kitab suci Alquran tetap terpajang di bagian pintu masuk utama paviliun. Istana ini sekarang menjadi museum penting di Esfahan.

Berbagai barang peninggalan era Dinasti Safawi di tampilkan di ruang utama paviliun, seperti lukisan, karpet, baju besi, keramik porselin indah dan koin peninggalan.

Bagian lain yang menunjukkan kemegahan Istana Chehel Sotoun adalah keindahan tamannya, yang dianggap satu dari sembilan taman terbaik di Iran. Di taman ini terdapat kolam memanjang 110 meter dengan lebar 16 meter, dua buah batu pahatan air mancur singa sebagai sumber air yang mengisi kolam besar persegi panjang ini.

Keindahan taman kolam Chehel Sotoun ini menjadikannya terdaftar sebagai salah satu dari 17 situs warisan Dunia di Iran dengan karakter Taman Persia.

Restorasi Ulang

Sejarah mencatat Istana Chetel Sotoun ini sempat mengalami kerusakan yang cukup parah akibat invasi tentara Afganistan yang menduduki kota Esfahan. Saat itu, beberapa lukisan dan gambar manusia ditutup dengan kain dan sebagian lukisan dinding diplester ulang menggunakan kapur.

Ini membuat keindahan dan keaslian dekorasi istana sempat hilang dan memudar. Pekerjaan restorasi pun dimulai pada 1970 untuk mengembalikan keindahan dan keaslian istana ini.

Restorasi dilakukan di bawah naungan Institut Italiano Per il Medio Orient yang bekerjasama dengan Organisasi Nasional untuk Konservasi Monumen Bersejarah Iran.

Lukisan dinding yang pernah ditutup dengan plester kapur kembali dikembalikan, dengan sisa-sisa lukisan yang pernah tercatat. Di antaranya di bagian dinding paviliun atas, di dinding selatan dari bagian  barat aula. Serta memasang mengembalikan lukisan yang pernah ditutup.

Di antaranya lukisan yang sangat hidup menggambarkan seorang gadis harem mengenakan pakaian Eropa dalam gaya abad 16-17 masehi. Selain itu restorasi juga diberlakukan pada sebagian besar pilar kayu di bagian teras besar yang telah mengalami kerapukan.

Beberapa pilar kayu yang rapuh ini telah diganti dengan ditopang inti cekung dengan menggunakan batang baja penguat. Proyek restorasi ini selesai pada tahun 1977, menerima Aga Khan Award untuk Arsitektur tahun 1980.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement