Senin 22 Dec 2014 20:53 WIB

Tutty Alawiyah : Ilmuwan Muslimah Perlu Aktualisasi Diri

Rep: c83/ Red: Agung Sasongko
Tuty Alawiyah
Foto: Rima/Republika
Tuty Alawiyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat pendidikan Islam, Tutty Alawiyah mengatakan, selama ini peran ilmuwan Muslimah dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa masih jauh dari kata ideal. Hal tersebut dikarenakan, jumah perserta ilmuwan yang belum terlalu banyak dan kurangnya kualitas ilmuwan Muslimah.

Untuk itu, ia meminta agar Ilmuwan Muslimah terus meningkatkan kualitas diri agar mampu bersaing dengan ilmuwan dari negara lain dan tidak terjadi kesenjangan. "kalau saya lihat masih jauh dari ideal. Ilmuwan Muslimah harus terus mengaktualisasi diri. Saya melihat ilmuwan muslimah Indonesia belum sangat menonjol dibanding dengan Malaysia masih kurang. " ujar Tutty Alawiyah kepada ROL, Senin (22/12).

Menurutnya, potensi ilmuwan Muslimah Indonesia sangat tinggi. Selama ini, tahap demi tahap peran ilmuwan Muslimah memang mengalami kemajuan. Hal ini karenakan semangat belajar yang dimiliki oleh ilmuwan Muslimah terus mengalami peningkatan.

Ia menjelaskan, penyebab dari tidak menonjolnya peran ilmuwan Muslimah dikarenakan pendidikan yang ada di Indonesia belum pada taraf dalam peningkatan kualitas. Agar terbentuk ilmuwan Muslimah yang ideal maka pembangunan karakter tidak hanya diserahkan kepada pemerintah. Namun juga menajdi tanggung jawab LSM, masyarakat dan media.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement