Sabtu 08 Nov 2014 15:51 WIB

Khawla Binti Azwar, Mujahidah Pemberani (3-habis)

Rep: c64/ Red: Chairul Akhmad
Khawla memiliki andil dalam perjuangan Islam.
Foto: Art.gallery.com/ca
Khawla memiliki andil dalam perjuangan Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, Khalid memuji ksatria itu dan memintanya melepaskan penutup wajahnya. Tapi, ksatria itu tidak menjawab dan berusaha menjauh dari pasukan kaum Muslimin.

Tentunya, para pejuang pun tidak membiarkan hal itu dan meminta ia mengungkapkan identitasnya.

Dikarenakan tidak menemukan cara untuk melarikan diri, ia menjawab dengan suara lirih dan lembutnya, "Saya tidak bisa menjawab karena saya malu kepada Anda. Anda adalah pemimpin besar dan saya hanya seorang wanita yang hatinya terbakar," ujar ksatria itu.

Dengan pernyataannya itu, Khalid semakin bersikeras memintanya untuk mengungkapkan identitasnya. "Saya Khawla binti al-Azwar. Saya bersama para pejuang ketika saya mengetahui musuh telah menangkap saudara saya. Maka, saya melakukan apa yang harus saya lakukan," jelas Khawla.

Setelah mengetahui cerita jelasnya, Khalid memerintahkan pejuang untuk mengejar pasukan Romawi dan membebaskan para tahanan. Dalam operasi itu, Khawla pun kembali bergabung dengan pejuang dan berhasil menyelamatkan saudaranya.

Dalam pertempuran lainnya dengan pasukan Romawi, ia yang memipin serangan itu. Saat itu, tanpa diduga pasukan Romawi menyerbu kamp wanita dan menangkap beberapa dari mereka, termasuk Khawla.

Ternyata, para wanita yang ditangkap itu untuk diserahkan kepada komandan mereka. Khawla pun marah dengan hal itu dan berpikir bahwa kematian lebih terhormat dibandingkan hidup dalam kehinaan.

Seketika, ia pun berdiri dan menyerukan wanita lainnya untuk melawan dan memperjuangkan hidup mereka. Pada akhirnya, para wanita itu mengambil tiang dan pasak tenda dan menyerang para penjaga. Mereka pun membentuk lingkaran ketat, semua dilakukan dengan komando dari Khawla. Dan, kemenangan kembali diraih begitu pula dalam pertempuran lainnya.

Sosok Khawla yang selalu memberikan contoh keberanian dan keteguhannya terhadap Islam menjadikan ia sebagai sosok pejuang Muslimah yang melegenda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement