Rabu 29 Oct 2014 12:49 WIB

Bulan Sejarah Islam Jadi Ajang Perkenalan Islam di Toronto

Rep: C83/ Red: Winda Destiana Putri
Muslim Kanada
Muslim Kanada

REPUBLIKA.CO.ID, TORONTO -- Setiap bulan Oktober, tepatnya pada tanggal 25 Oktober terdapat sebuah acara di Kanada yang dinamai bulan sejarah Islam.

Acara ini dimaksudkan untuk mengenalkan sejarah Islam khususnya untuk muslim Kanada. Peringatan ini telah berlangsung dari tujuh tahun lalu.

Kelompok masyarakat muslim Toronto bergabung untuk berpartisipasi dalam Bulan Sejarah Islam di Kanada (IHMC). Dalam proses pengenalan sejarah Islam panitia penyelenggara mengadakan pameran, ceramah, dan pemutaran film dokumenter. Selain itu juga terdapat perpustakaan, lembaga keagamaan dan fasilitas umum lainnya.

Pemutaran film pendek yang bertemakan masjid merupakan hal yang pertama kali di IHMC. Film dokumenter yang diputar berjudul 'Masjid One'. Film tersebut berceritakan cerita tentang Islam dan muslim di Kanada.

Presiden tessellate Institute, Kathy Bullock yang memproduksi film dokumenter, mengatakan Muslim Kanada harus belajar dari pengalaman imigran awal ke negara tersebut. Hal tersebut dikarenakan akan membantu muslim Kanada untuk mengetahui sejarah dan kontribusi mereka dalam membantu memerangi Islamofobia.

Sedangkan di Institut Islam Toronto (IIT) di Scarborough, sejumlah acara untuk merayakan IHMC dilakukan dengan fokus pada sejarah kehadiran Muslim di Kanada.

"Saya mengundang Anda untuk bergabung dengan saya dan tamu istimewa kami, Dr. Kathy Bullock dan Dr. Zijad Delic, karena kami menyediakan Anda dengan sekilas ke dalam sejarah yang kaya dan realitas kontemporer Islam di Kanada, dan dunia," kata Koordinator Daw'ah dan sejarawan terkenal, Dr. Abdullah Hakim seperti dilansir onIslam Rabu (29/10).

Menurut IHMC, bulan Sejarah Islam Kanada fokus pada perayaan untuk mendidik masyarakat Muslim dan non-Muslim tentang sejarah , warisan dan budaya Muslim. Baik Muslim di Kanada maupun muslim di seluruh dunia.

Tahun depan, IHMC direncanakan diadakan di lebih dari enam kota di Kanada. Kota-kota seperti Kingston dan Burnaby telah setiap tahun menyatakan IHMC sejak pertama kali.

Pada tahun 2007, Parlemen menjadikan Oktober sebagai bulan Sejarah Islam Kanada untuk merayakan kontribusi umat Islam dan peradaban Islam baik secara intelektual, ilmiah, dan budaya untuk perkembangan manusia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement