Jumat 22 Aug 2014 16:50 WIB

Khamisatud Duha, Tak Lelah Mencintai Alquran (3)

Khamisatud Duha (kiri).
Foto: Dok Pri
Khamisatud Duha (kiri).

Oleh: Hannan Putra

Saat ini, penghafal-penghafal Alquran sudah mendapatkan tempat luar biasa di hati umat Islam.

Tayangan beberapa stasiun televisi yang mengangkat penghafal Alquran dari anak-anak telah berhasil menyita perhatian umat Islam. Bahwa, menghafal Alquran merupakan suatu kemuliaan.

 

Ami sendiri mengaku tontonan hafiz Alquran di televisi tersebut sering menjadi motivasi baginya untuk lebih giat menghafal Alquran. Anak kecil yang usianya masih sangat muda saja bisa hafal Alquran dengan baik.

Harusnya, mereka yang sudah dewasa dan mengaku cinta Alquran merasa malu jika tidak hafal Alquran. “(Acara hafiz Alquran) ini merupakan motivasi bagi saya untuk senantiasa bersemangat dalam menghafal dan mempelajari Alquran,” katanya.

Ketika ia mengikuti kompetisi hafiz Alquran internasional di Maroko, anak-anak jugalah yang membuatnya terkagum-kagum. Bocah-bocah Tanah Maghrib itu banyak yang sudah hafal Alquran 30 juz pada usia sangat muda. “Usia mereka yang belum baligh itu telah menghafal seluruh ayat dalam Alquran.”

Ia mengisahkan, penghafal Alquran mendapat tempat yang sangat mulia di Maroko. Setiap imam masjid disyaratkan hafal Alquran. “Untuk menjadi seorang imam shalat di masjid, ia haruslah seorang hafiz dan tidak boleh orang sembarangan,” kata Ami.

Ia mengidam-idamkan, suatu saat nanti akan tercipta di Indonesia sebagaimana yang dilihatnya di Maroko. “Alangkah bagusnya jika hal itu terjadi di Indonesia. Saya sangat bersyukur atas berkah Alquran dan bisa ikut kompetisi itu. Saya banyak belajar ketika berkunjung ke Maroko. Negeri yang penduduknya sangat taat dalam dalam menjalankan ajaran Islam,” ujarnya.

Ami mengaku bertemu dengan orang-orang yang hebat dan peserta-peserta yang berasal dari negara-negara Islam, tempat mereka dengan hafalan yang sangat baik dan ditambah dengan suara yang merdu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement