Rabu 20 Aug 2014 13:44 WIB

KH Bahaudin Mudhary, Kristolog Ulung dari Madura (2-habis)

KH Bahaudin Mudhary.
Foto: Pahamilah.com
KH Bahaudin Mudhary.

Oleh: Amri Amrullah

Bahaudin dikenal cerdas. Ia mampu memainkan hampir seluruh alat musik mulai petik, gesek, tiup sampai tuts piano.

Atas kelangkaan ilmunya itulah, ia berjuluk Tera Ta Adamar, yang dalam bahasa Madura berarti benderang tanpa pelita. Ini lantaran, kedalaman ilmunya berpangkal pada ilmu hakikat yang berpusat di hati.

Bahaudin tak hanya didaulat sebagai Kristolog ulung. Ia dikenal pula piawai berorganisasi. Sejumlah jabatan penting pernah ia pegang. Pada 1947, ia  dipercaya sebagai Komandan Resimen Hizbullah, dua tahun kemudian mendirikan Yayasan Pesantren Sumenep, Komandan Sudanco, Ketua Muhammadiyah, Ketua Masyumi Wedana di Bangkalan serta Ketua Perserikatan Muslim Tionghoa di Madura (sekarang PITI).

Pada 1954, Ketua Muhammadiyah cabang Sumenep, Kepala SMA Yayasan Pesantren, mengajar bahasa Jerman dan Prancis di SMA Sumenep sekira 1960-1965, serta dosen di IKIP Negeri.

Sepanjang hidupnya, Bahaudin  hidup dalam kesederhanaan dan sangat bersahaja. Ia juga dikenal sangat humoris dengan petuah yang penuh warna “parigan” (sesemmon Madura).

Ada pesan menjelang akhir hayatnya yang hingga kini menjadi pegangan putra dan cucu-cucunya, “Jangan sesekali meninggalkan shalat, selalu rukun dan memelihara tali silaturahim, serta jangan berebut harta pusaka, usahakan setiap malam shalat lail (Tahajud).”

Pada pengujung usianya, ia masih mengasuh Pesantren Kepanjin Sumenep dan  menjabat Kepala Kantor Departemen Agama Sumenep, Ketua Umum GUPPI Jawa Timur, Ketua MUI Jawa Timur dan anggota DPRD Tingkat I Jawa Timur.

Tepat 4 Desember 1979 di Surabaya, ulama dan pakar Kristologi berdarah Madura ini meninggal dunia. Namanya pun mengabadi, sekekal jasanya dalam membendung Kristenisasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement