Kamis 07 Aug 2014 20:10 WIB

Masjid Raya Bani Umar, Masjid Tanpa Kubah (3)

Rep: Amri Amrullah / Red: Chairul Akhmad
Masjid Raya Bani Umar di kawasan Bintaro, Parigi Baru, Pondok Aren, Tangerang Selatan.
Foto: Masjidrayabaniumar.org/ca
Masjid Raya Bani Umar di kawasan Bintaro, Parigi Baru, Pondok Aren, Tangerang Selatan.

Fasilitas pendukung

Masjid Raya Bari Umar memiliki fasilitas yang lengkap sebagai penunjang kegiatan masjid. Selain terdapat ruang aula pertemuan di lantai dasar, berbagai fasilitas lain juga disediakan di area masjid ini.

Di antaranya, poliklinik, yang membuka layanan dokter umum dan gigi. Dan, juga layanan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) Masjid Raya Bani Umar. Fasilitas itu dikelola Yayasan Bakti Djayakusumah untuk keperluan ibadah dan sosial kemasyarakatan.

Khusus untuk layanan poliklinik, yayasan membuka layanan khusus untuk kaum dhuafa yang hanya mendaftar dan tidak dipungut biaya. Poliklinik ini juga memiliki beberapa armada ambulans dan layanan jenazah.

 

Sedangkan layanan ZIS, pihak masjid rutin mengumpulkan zakat, infak, dan sedekah dari jamaah Masjid Raya Bani Umar. Kemudian, pihak masjid menyalurkannya kepada para dhuafa yang membutuhkan.

Tak sekadar kubah

Substansi masjid, menurut Fauzan Noe’man, sebenarnya bukan pada bentuk kubahnya, melainkan kenyamanan masjid sebagai rumah ibadah umat Islam. “Saya sengaja merancang masjid seperti ini karena ingin keluar dari pakem bahwa masjid itu tak sekadar kubah,” ujarnya kepada Republika.

Dalam masa era awal Islam pun tidak dijelaskan masjid memiliki bentuk pasti memiliki kubah. Sebab, kubah itu bagian dari gaya arsitektur yang diadopsi dalam pembangunan masjid pada era dinasti Islam.

Namun demikian, ia menekankan pada simbol lain sebagai bagian dari identitas masjid. Seperti, menara yang juga tanpa kubah, tapi memiliki sudut pandang kalimat Allah yang bisa dilihat dari sisi berbeda dan corak geometri yang digunakan di kaca serta arabes di pintu dan jendela masjid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement