Senin 12 May 2014 18:59 WIB

Masjid Agung Sumenep, Karya Pendatang Cina (1)

Masjid Agung Sumenep yang bergaya arsitektur Cina, di Sumenep, Madura, Jawa Timur.
Foto: Antara/Saiful Bahri/c
Masjid Agung Sumenep yang bergaya arsitektur Cina, di Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Oleh: Mohammad Akbar

Layaknya masjid tua di negeri ini, bagian selasar atau arcade Masjid Agung Sumenep dibuat secara luas.

Berkunjung ke Pulau Madura tak akan lengkap jika tidak singgah ke Sumenep. Di tempat ini, Anda bisa menemukan masjid bersejarah dengan gaya arsitekturnya yang cukup unik.

Masjid itu bernama Masjid Agung Sumenep. Masjid ini memiliki gerbang utama yang menjadi landmark bagi Pulau Madura.

Gerbang tersebut memiliki bentuk layaknya sebuah kastil. Warna yang mendominasinya adalah paduan warna kuning dan putih. Dari bentuk gerbang tersebut terlintas adanya pengaruh gaya arsitektur Cina, India, dan corak lokal.

Khusus arsitektur gaya Cina, hal ini tecermin dari pilihan warna kuning. Dalam sebuah literatur disebut, kuning itu merupakan warna kerajaan pada kekaisaran Cina.

Pengaruh yang begitu dominan tersebut tak lepas juga dari sang arsitek yang ternyata berdarah Cina. Namanya Lauw Piango. Ia adalah cucu dari Lauw Khun Thing yang menjadi satu dari enam orang Cina yang pertama menetap di Sumenep.

Mengintip video tentang Masjid Sumenep yang diunggah di laman Youtube, masjid ini memiliki atap berbentuk limas persegi empat. Atap limas bertumpang dua.

Model atap semacam ini menjadi salah satu ciri dari gaya arsitektur Jawa yang tecermin melalui atap joglo. Pada bagian ujung atap tersebut terpasang mastaka berbentuk tiga bulatan yang menjadi identitas sebuah masjid lokal.

Layaknya masjid tua di negeri ini, bagian selasar atau arcade masjid dibuat secara luas. Di antara tiang-tiang penghubungnya itu, dibuatkanlah bentuk lengkungan layaknya masjid-masjid yang ada di wilayah India.

Sementara, pengaruh budaya lokal tecermin dari ukiran yang menghiasi sepuluh bagian jendela dan bagian sembilan pintu besar. Bagian jendela dan pintu tersebut terbuat dari material kayu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement