Ahad 11 May 2014 18:59 WIB

Masjid Assalam Nantes, Gaya Arab-Turki Dalam Balutan Modern (2)

Masjid Assalam, Nantes, Prancis.
Foto: Recettes.al-manakh.com/c
Masjid Assalam, Nantes, Prancis.

Oleh: Mohammad Akbar

Bagian menara ini terbuat dari material kaca dengan sisi bagian luarnya dihiasi oleh kaligrafi.

Pada saat malam, bagian inilah yang memancarkan rona-rona warna yang menawan dari masjid ini.

Layaknya bangunan bergaya minimalis, masjid ini juga memiliki pencahayaan yang maksimal.

Pada bangunan berbentuk kotak itu terdapat deretan kaca yang memanjang mengikuti bentuk bersudut yang tampak kaku, namun terlihat serasi dengan tampilan bangunan utamanya. Pada beberapa bagian, kaca masjid ini dihiasi pula dengan ragam ornamen yang terhias pada kaca patri.

Elias menghadirkan bangunan masjid dan pusat kebudayaan itu dalam dua bagian yang dikemasnya secara paralel. Sebagai pemisah dari kedua bangunan itu terdapat ruang terbuka selebar 20 meter. Di bagian ini, terdapat kolam dan tanaman hijau yang semuanya dikelilingi oleh tanah.

Sementara itu, ketika berada di bagian dalam masjid, terlihat adanya pengaruh ornamen dekoratif bergaya Turki yang begitu kental.

Ini ditandai dengan hadirnya keramik Turki pada bagian dinding maupun pilar-pilar masjid yang berbentuk bulat. Keramik berwarna cerah itu memiliki corak hiasan geometris sehingga memberikan kesan artistik di bagian interior.

Geometris

Pada bagian interior terlihat bentuk mihrab yang memikat. Bagian mihrab masjid ini berbentuk cekungan kecil pada bagian terdepannya. Letaknya di posisi tengah. Berdampingan dengan posisi cekungan terdapat mimbar imam.

Bagian mimbar ini justru berbentuk cembung. Pada bagian ini, hiasan kaligrafi berbahasa Arab terlihat sangat dominan. Tulisan kaligrafi berwarna cokelat itu menghiasi warna dinding masjid yang disirami warna putih susu.

Hiasan kaligrafi ini juga terlihat mendominasi bagian balokan cincin yang berperan sebagai penopang kubah. Balokan penopang itu berbentuk kotak. Sedangkan, pada bagian kubahnya dihiasi pula oleh ornamen geometris dengan pilihan satu warna yang tersaji serasi dengan bagian interior.

Lalu, menggelantung dari atas kubah itu sebuah lampu yang semakin mempercantik tampilan interior masjid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement