Sabtu 02 Jun 2012 22:17 WIB

Ensiklopedi Islam: Gelar Hujjatul Islam (2-habis)

Rep: Nashih Nashrullah/ Red: Chairul Akhmad
Ilustrasi
Foto: Blogspot.com
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Ada tiga hal yang digarisbawahi Al-Ghazali, yaitu anggapan alam itu qadim, pembangkitan di akhirat hanya berupa rohani, dan pendapat mereka bahwa Allah tak mengetahui hal parsial juz’iyyat. Kekuatan sanggahan itu terekam dalam kitabnya yang terkenal; Tahafut Al-Falasifah.

Sedangkan, gelar Hujjatul Islam identik pula dengan Ibnu Taimiyah. Pada 1299 M, ia pernah terlibat polemik teologis dan sufistis dengan orang yang berseberangan pandangan.

Oleh lawannya, Ibnu Taimiyah dituduh sebagai seorang mujassim, percaya bahwa Allah SWT memiliki bentuk fisik layaknya manusia. Sanggahannya itu terdokumentasikan secara apik di kitab yang diberi nama Risalah Al-Hamawiyah.

Berbeda konteks, kata hujjahjuga banyak dipakai sepanjang sejarah. Selain berarti argumen, kata hujjah juga digunakan sebagai nama sebuah kelompok. Di Iran, terdapat sekte yang berjuluk Hujjatiyah. Sebuah mazhab pemikiran religius konservatif dalam Syiah.

 

Berdiri pada awal 1950-an, seperti dikutip dari Ensiklopedi Oxford Dunia Islam Modern, pendiri awal Syekh Mahmud Halabi berasal dari kalangan tradisional dan konservatif, demikian pula dengan para pengikutnya.

Kelompok yang mulanya terkenal dengan sebutan Masyarakat Hujatiyah di Masyhad Iran itu, tersohor luas anti-Bahai. Sepanjang eksistensinya di Iran, Hujjatiyah gencar melakukan ‘serangan’ terhadap Bahai.

Aktivitas ini menyebabkan intimidasi atas kaum Bahai di berbagai wilayah, seperti di Syiraz, Isfahan, Yazd, dan Kasyan. Hujjatiyah juga melakukan tekanan ke pemerintah agar mempersulit gerak-gerik mereka yang memiliki keterkaitan dengan Bahai.

Namun, seiring perjalanannya, terutama pasca revolusi Islam, pamor Hujjatiyah menurun. Pada musim panas 1983, muncul kampanye publik menentang Hujjatiyah. Sejak itu, keberadaan Hujjatiyah telah diabaikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement