Saturday, 11 Ramadhan 1439 / 26 May 2018

Saturday, 11 Ramadhan 1439 / 26 May 2018

Perkembangan Pendirian Pesantren Pertama di AS

Kamis 17 May 2018 05:03 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Indira Rezkisari

Ustadz Imam Shamsi Ali

Ustadz Imam Shamsi Ali

Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Pesantren diharapkan menjadi wajah mulia Indonesia di AS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendiri dan Presiden Nusantara Foundation Imam Shamsi Ali menyampaikan perkembangan pendirian Pesantren Nusantara Madani USA di Amerika Serikat. Dia mengatakan proses pembersihan lokasi berjalan lancar. Dua dari empat gedung yang akan digunakan juga telah direnovasi.

"Fasilitas olah raga, termasuk lapangan sepak bola, bola basket dan kolam renang dalam proses penyelesaian. Empat gedung lainnya yang rencananya dirobohkan juga telah mendapat izin. Pekan ini pekerjaan merobohkan (demolishing) itu akan dimulai," kata dia dalam keterangannya kepada Republika.co.id, Kamis (17/5).

Shamsi memaparkan, pekerjaan pendirian pesantren ini memerlukan izin dari department of building setempat dan proses perizinannya sedang berjalan. Dalam pekan ini, pihaknya akan bertemu dengan kantor pemerintahan setempat. Bila diperlukan, proses perizinan akan dilakukan melalui pengacara setempat.

"Jika renovasi dan pekerjaan merobohkan (demolishing) gedung-gedung tua serta pengurusan izin operasi berjalan lancar, maka program musim panas segera diluncurkan. Program musim panas ini direncanakan dimulai pada awal Juli 2018 ini," tuturnya.

Menyambut bulan Ramadan ini, pesantren tersebut juga berencana menggelar kegiatan "community gathering" dan Iftar (buka puasa) bersama dengan mengundang tetangga-tetangga, Muslim dan non Muslim. Ini dimaksudkan sebagai bagian dari upaya pengenalan dan upaya menarik simpati dari warga setempat.

"Kami yakin, pembangunan pondok pesantren di Amerika ini akan menjadi salah satu pilar kebangkitan dakwah Islam, sekaligus menjadi wajah mulia Indonesia di gelanggang dakwah global. Tapi yang terpenting semoga semua yang kita upayakan menjadi catatan mulia di sisi Allah dan menjadi amal jariyah untuk kebahagiaan kita dunia akhirat."

Nusantara Foundation mendirikan pesantren pertama di Amerika Serikat. Pesantren ini akan makin membuka mata dunia luar, khususnya Amerika, bahwa Islam yang didambakan dunia, Islam yang rahmatan lil alamin ada di negara Indonesia.

Nusantara merupakan sebuah organisasi nonprofit yang didirikan Imam Shamsi Ali di Amerika Serikat tiga tahun lalu. Organisasi ini didirikan sebagai kendaraan melebarkan sayap kegiatan dakwah dalam upaya menyebarkan Islam rahmatan lil alamin, Islam yang dipahami dan dipraktikkan di bumi Nusantara.

Nusantara memulai sebuah proyek besar, yaitu pendirian pesantren pertama di bumi Amerika. Lokasi pesantren telah dimiliki Nusantara, dan telah dimulai proses pembersihan lahan dan renovasi gedung.

Shamsi juga mengajak semua pihak untuk mengambil bagian dalam perjalanan sejarah dakwah di Amerika ini. Untuk itu, semua pihak dapat menyalurkan bantuan terbaiknya melalui: https://m.kitabisa.com/pesantrenamerika.

Atau, melalui Bank Mandiri:

Rekening rupiah: 1240000018185

Rekening dolar: 1240009783631

An. inka nusantara madani

Atau langsung ke rekening Nusantara di Amerika:

Nusantara Foundation, Inc.

Bank: TD Bank

Rekening: 4341946957

Routing: 026013673

Swift code: NRTHUS33xxx

Alamat: 593 Third Avenue New York, NY 10016

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES