Senin 14 May 2018 05:46 WIB

TGB Ajak Umat Persiapkan Diri Sambut Ramadhan

Ramadhan merupakan bulan yang diberikan Allah SWT kepada umatnya untuk mensucikan.

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Ratna Puspita
Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB).
Foto: Muhammad Nursyamsyi/REPUBLIKA
Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB).

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) mengajak masyarakat menyiapkan diri untuk menyambut datangnya bulan suci ramadhan. TGB mengungkapkan, bulan ramadhan merupakan bulan yang diberikan Allah SWT kepada umatnya untuk mensucikan diri.

"Untuk menyambut bulan kemuliaan itu perlu mempersiapkan diri serta perencanaan yang baik. Kalau masuk ramadhan, maka siapkan diri dengan sebaik-baiknya," ujar TGB saat tausiah di Masjid Hubbul Wathan, Kompleks Islamic Center NTB, Ahad (13/5).

Ketua Organisasi Internasional Alumni Al Azhar Cabang Indonesia itu menjelaskan, bulan ramadhan adalah kesempatan bagi umat Islam menata diri dengan sebaik-baiknya, dengan cara memahami keutamaan bulan ramadhan.

"Kata Marhaban menggambarkan suasana hati kita menyambut ramadhan, yaitu rasa senang, siapa yang senang, maka Allah SWT akan mengharamkan jasadnya disentuh oleh api neraka," ucapnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, kemuliaan ramadhan tidak mungkin digapai tanpa ilmu. Karena itu, perlu ditumbuhkan semangat menuntut dalam diri.

"Sebab dengan ilmu, kita akan memahami bagaimana berkontribusi yang terbaik untuk bangsa dan daerah. Kalau berjuang harus dengan ilmu, tidak bisa hanya bermodalkan semangat," kata dia.

Karena itu, TGB mengajak jamaah yang hadir untuk menyongsong bulan suci ramadhan dengan niat yang kuat juga dengan saling memaafkan antarsesama. "Songsong ramadhan dengan niat melakukan kebaikan-kebaikan," kata TGB menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement