Kamis 19 Apr 2018 14:36 WIB

Polri Dukung Audit Jembatan-Jembatan di Pulau Jawa

Audit ini dilakukan guna memeriksa jembatan yang ada.

Jembatan runtuh. ilustrasi
Foto: Antara
Jembatan runtuh. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepolisian Republik Indonesia sepakat pentingnya melakukan audit jembatan-jembatan di Pulau Jawa. Terlebih lagi, waktu mudik lebaran akan segera tiba.

"Kita sependapat dengan Direktorat Jenderal Hubungan Darat, artinya audit itu adalah memeriksa kembali seluruh jembatan-jembatam khususnya jelang angkutan lebaran ini," kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Inspektur Jenderal Polisi Setyo Wasisto di Markas Besar Polri, Jakarta, Kamis (19/4).

Hal ini, menurut Setyo menjadi tugas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. "Kita mengharapkan dengan hormat dan sangat kita ada pengecekan itu karena itu fungsinya," kata Setyo lagi.

Di samping itu, terkait pemeriksaan pada perusahaan konstruksi apabila terjadi musibah infrastruktur, Setyo mengatakan Polri selalu siap melakukan pemeriksaan tersebut. Dalam hal ini, kata dia, Polri memang memiliki wewenang untuk memeriksa ada dan tidaknya unsur pidana dalam suatu kecelakaan infrastruktur.

"Maka perlu kita lakukan penyelidikan kalau memang itu terjadi kelalaian atau kesengajaan kita harus cek, termasuk pembangunan yang terjadi di beberapa tempat itu," kata dia.

Setyo pun memastikan, apabila terdapat unsur pidana, Polri pun akan memprosesnya. Hal tersebut dengan melakukan investigasi lebih dalam selanjutnya melakukan penyidikan dan penetapan tersangka sesuai pasal pidana yang disangkakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement