Friday, 11 Sya'ban 1439 / 27 April 2018

Friday, 11 Sya'ban 1439 / 27 April 2018

Pertemuan Jajaka Nusantara dan Ade Armando, Ini Hasilnya

Selasa 17 April 2018 16:00 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Agus Yulianto

Ade Armando

Ade Armando

Foto: Republika/ Wihdan
Umat Islam tidak mudah melakukan aksi kekerasan hanya karena perbedaan pendapat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertemuan Ketua Jawara Jaga Kampung Nusantara atau Jajaka Nusantara Damin Sada dan Ade Armando dilangsungkan pada Sabtu (14/4) lalu di Mapolres Jakarta Timur. Pertemuan itu merupakan permintaan Jajaka Nusantara menyoal klarifikasi pernyataan Ade Armando yang menurut dia menodai umat Islam.

Melalui akun resmi Facebook Ade Armando yang telah dikonfirmasi oleh Republika.co.id, ia mengatakan, pertemuan dilangsungkan dengan penuh gelak tawa. Ade menerima pertemuan ini dengan menjelaskan makna di belakang kalimatnya 'azan tidak suci'.

"Babe Damin sama sekali tidak tampak menakutkan. Dia justru mengakui bahwa dia sendiri sebenarnya tidak rajin shalat lima waktu. Dia semula dulu pemabuk dan penjudi, dan baru belakangan hijrah menjadi Muslim yang lebih baik. Dia mengakui, pemahamannya soal Islam masih terbatas. Tapi kalau Islam sampai diserang, tentu dia akan bertindak. Dia mengakui bahwa pernyataan saya yang dipersoalkan itu tidak melanggar hukum dan juga tidak bertentangan dengan Alquran. Tapi dia meminta saya untuk lebih berhati-hati kalau bicara di depan publik," ujar Ade.

Dengan bergulirnya pertemuan ini, Ade merasa senang. Memang, inisiatif Ketua Jajaka Nusantara Babe Damin Sada, kata Ade, mengajarkan umat Islam tidak mudah melakukan aksi kekerasan hanya karena perbedaan pendapat. Dia mengatakan, tidak akan menyerang Islam oleh sebab dirinya juga mencintai Islam.

"Saya berterima kasih dengan tegurannya itu," ujarnya.

Ade mengatakan, pertemuan yang ditemani dua orang temannya dan Damin Sada juga ditemani dua orang temannya sangat cair, bersahabat, bahkan penuh tawa. "Saya terharu ketika salah seorang teman Babe Damin yang turut hadir dalam acara itu justru menyatakan, 'Kita butuh lebih banyak tokoh Islam seperti Bang Ade Armando ini.' Kalau saja kita bisa berkomunikasi terus seperti yang dilakukan Damin dan saya, Insya Allah Indonesia akan semakin baik," kata Ade.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES