Jumat 23 Mar 2018 08:19 WIB

Dompet Dhuafa Beri Pelatihan Terapi Spiritual

Pelatihan diharapkan bisa membekali tenaga kesehatan menguatkan spiritualitas pasien.

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Gita Amanda
Dompet Dhuafa melalui program Bimbingan Rohani Pasien (BRP) mengadakan pelatihan Terapi Spiritual Untuk Penanganan Holistik dalam Pelayanan Kesehatan Terpadu bagi 100 tenaga kesehatan di lingkungan RSUP Fatmawati, Jakarta pada Kamis (22/3).
Foto: Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa melalui program Bimbingan Rohani Pasien (BRP) mengadakan pelatihan Terapi Spiritual Untuk Penanganan Holistik dalam Pelayanan Kesehatan Terpadu bagi 100 tenaga kesehatan di lingkungan RSUP Fatmawati, Jakarta pada Kamis (22/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dompet Dhuafa melalui program Bimbingan Rohani Pasien (BRP), mengadakan pelatihan Terapi Spiritual untuk Penanganan Holistik dalam Pelayanan Kesehatan Terpadu bagi 100 tenaga kesehatan di lingkungan RSUP Fatmawati. Pelatihan ini diharapkan bisa membekali tenaga kesehatan di rumah sakit untuk menguatkan spiritualitas pasien yang mereka tangani.

Pemateri Pelatihan Bimbingan Rohani Pasien (BRP) yang juga pakar senior Sahabat Pasien Dompet Dhuafa, Ema Khoirunisa, menjelaskan sebagian besar orang sakit akan mengalami goncangan mental akibat penyakit yang dideritanya. Pasien yang mengalami kondisi tersebut sangat memerlukan sentuhan spiritual yang dapat menimbulkan ketenangan jiwa dan sabar dalam menghadapi cobaan dari Allah SWT.

Namun pada kenyataannya, tak sedikit di antara mereka yang sakit tidak bisa menerima kenyataan hidup yang dialami dan meninggalkan kewajiban ibadah sebagai Muslim, bagi yang Muslim. Dengan kondisi semacam itu, perlu ada pelayanan bimbingan rohani bagi pasien di rumah sakit, khususnya bagi pasien Muslim.

''Tujuannya agar tercipta kesabaran, ketenangan serta tawakal menghadapi sakitnya dan tetap menjalankan aktivitas ibadahnya dengan baik,'' ungkap Ema seperti disampaikan Dompet Dhuafa melalui keterangan tertulis kepada Republika.co.id, Kamis (22/3) lalu.

Hal senada juga diungkapkan oleh Direktur Utama RSUP Fatmawati Dokter M. Syafak Hanung. Dalam sambutannya, ia menyampaikan pentingnya peran bimbingan rohani bagi para pasien di rumah sakit.

''Ke depan, RSUP Fatmawati berencana membuka unit pelayanan khusus untuk menangani Bimbingan Rohani Pasien,'' kata Syafak.

Seminar tersebut tak hanya dilakukan satu arah, beberapa peserta seminar juga turut diikutsertakan untuk mempraktikkan cara berinteraksi dengan pasien dan menyisipkan sentuhan nilai dakwah kepada pasien. Menurut salah satu peserta pelatuhan yang juga perawat di RSUP Fatmawati, Ngatmi, bimbingan rohani bagi para pasien sangat penting karena dapat membantu pasien menenangkan mentalnya.

Kegiatan ditutup dengan doa yang dibacakan oleh Ustaz Faisal yang juga Sahabat Pasien BRP Dompet Dhuafa di Rumah Sakit Umum Fatmawati. RSUP Fatmawati dan Dompet Dhuafa telah menjalin kerja sama sejak 2004 terkait program Bimbingan Rohani Pasien.

Dua kali dalam sepekan Sahabat Pasien BRP Dompet Dhuafa melakukan bimbingan kepada pasien-pasien Muslim di RSUP Fatmawati dengan tujuan untuk memberikan dorongan dan motivasi untuk tetap bersabar, tawakal, optimistis dan senantiasa menjalankan kewajibannya sebagai hamba Allah SWT.

Selain RSUP Fatmawati, BRP Dompet Dhuafa juga telah bekerja sama dengan beberapa rumah sakit di antaranya RSCM, RSUD Balaraja Tangerang, RSU Kabupaten Tangerang, RSUD Kota Bekasi, RS PMI Bogor dan RSJ Soeharto Heerdjan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement