Ahad 04 Mar 2018 08:18 WIB

Nasihat Ustaz Somad untuk Remaja Putus Pacaran

Remaja yang telah putus, jangan gunakan alasan silaturahim untuk tetap berhubungan.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Didi Purwadi
Ustaz Abdul Somad
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ustaz Abdul Somad

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Ustaz Abdul Somad (UAS) membagikan tips agar remaja mampu menjaga diri dari zina atau perbuatan maksiat. Selain itu, Ustaz Somad juga memberi saran bagi remaja yang memilih putus pacaran karena ingin hijrah.

"Kalau sudah putus, ya sudah. Hapus semua nomornya itu. Mau WA, Facebook, Twitter, Instagram, hapus semua," kata Ustaz Somad dalam kajian Dhuha Tabligh Akbar di Masjid Al-Azhar, Jaka Permai, Bekasi Barat, Sabtu (3/3).

Pasangan remaja yang telah putus dan memutuskan untuk hijrah, maka jangan sekali-kali menggunakan alasan silaturahim untuk tetap berhubungan. Hal tersebut tetap tidak dibenarkan dan bisa menjadi salah kaprah.

Kalau sudah memutuskan untuk hijrah, kata Ustaz Somad, maka tiap individunya harus mampu menahan nafsu dan keinginan untuk saling menghubungi. ''Dikhawatirkan hijrah yang diinginkan oleh kedua orang ini akan berakhir sia-sia,'' katanya.

 

Dirinya juga memberi saran kepada para remaja masjid agar membentuk sebuah kegiatan positif bagi remaja seumuran mereka. Hal tersebut agar energi dan tenaga mereka bisa disalurkan dengan lebih baik.

Remaja masjid bisa mengadakan pekan olahraga bersama, kajian remaja, atau hal lain yang bisa menambah wawasan. ''Tapi, bukan hanya kumpul-kumpul semata,'' kata Ustaz Somad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement