Kamis 22 Feb 2018 19:02 WIB

Pentingnya Menjaga Ukhuwah Menurut Ustaz Abdul Somad

Umat Islam akan semakin kuat jika terus bersatu.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Agus Yulianto
Ustaz Abdul Somad
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ustaz Abdul Somad

REPUBLIKA.CO.ID,  YOGYAKARTA -- Ustaz kondang Abdul Somad mengimbau umat Islam agar terus mempertahakan ukhuwah atau persaudaraan dengan sesama. Hakikat manusia diciptakan oleh Allah SWT, menurut Ustaz alumni Universitas Al Azhar Kairo Mesir itu, adalah saling ketergantungkan antara manusia satu dengan lainnya.

 

Bahkan sejak manusia itu masih berbentuk segumpal darah yang berada di dalam rahim ibu. "Khalaqal insana min alaq. Ketika manusia masih berbentuk darah, itu menempel di dinding rahim seperti pacet atau lintah. Dari situ saja kita sudah bergantung kepada orang lain," kata Ustaz Somad, saat mengisi ceramah di Teras Dakwah Yogyakarta, Kamis (22/2).

Dikatakan Ustaz Somad, manusia terus bergantung kepada orang lain ketika sudah hidup di alam dunia. Ia mencontohkan dirinya ketika memakan nasi. Ulama asal Riau itu mengatakan, nasi yang dimakan setiap hari telah melibatkan banyak sekali orang. Mulai dari menanam padi, membajak sawah, setelah dipanen di bawake kota.

 

Nasi kemudian dimasak, sampai ada orang yang menyendokkan ke dalam piring makan. "Jadi sudah ke berapa orang kita bergantung untuk makan nasi saja," ujarnya.

Baca Juga: Anak Muda Rajin Dakwah, Ustaz Somad: Spesial di Mata Allah

Untuk itulah, menurut Ustaz Somad, umat Islam harus menjaga ukhuwah satu sama lain. Umat Islam akan semakin kuat jika terus bersatu. Kekompakan umat Islam disebutkan Ustaz Somad, salah satunya dapat dijaga lewat forum-forum pengajian dan dakwah.

"Ukhuwah inilah yang membuat kita bertambah barokah. Ini harus kita jaga. Tausiah-tausiah harus tetap ramai biar kita semakin kompak satu sama lain," ucap Uztaz Somad.

Ustaz Somad hari ini melakukan safari dakwah di beberapa tempat di Provinsi DIY. Selain di Teras Dakwah ada juga mengisi ceramah di Masjid Nurul Ashri, At Tasniim Rumah Warna. Besok, Jumat (23/2) dosen UIN Sultan Syarif Kasim ini, akan berceramah di tiga masjid yakni Masjid Al Firdaus, Masjid Jogokariyan, dan Masjid Abdurochim Yogyakarta.

Seperti biasa, dakwah Ustaz Somad selalu ramai diikuti oleh jamaah baik golongan muda sampai golongan tua. Ustaz Somad menyampaikan materi ceramah dengan ringan, berisi, dalil yang lengkap. Untuk memecahkan suasana, pria yang faseh bahasa Arab dan Bahasa Prancis itu sesekali menyampaian guyonan yang membuat jamaahnya tertawa terbahak.

Ceramah Ustaz Somad ini disiarkan secara langsung melalui instagramnya@ustadzabdulsomad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement