Jumat 16 Feb 2018 13:21 WIB

Menebar Konten Toleran di Media Sosial

Pada dasarnya semua topik bisa dibuat menjadi materi kontra-narasi di media online.

Rep: Novita Intan/ Red: Agus Yulianto
Akses internet.org di Kampung Cyber, Yogyakarta (Ilustrasi)
Foto: antaranews
Akses internet.org di Kampung Cyber, Yogyakarta (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kehidupan modern saat ini hampir tidak dapat dipisahkan dari dunia maya dan internet. Sayang, dunia maya dan internet acap kali digunakan untuk menyebar pesan kebencian, ajakan intoleransi, dan tindakan radikal.

Koordinator Program Wahid Foundation Anis Hamim mengatakan, akibat intoleransi tersebut membuat masyarakat terpapar pesan-pesan negatif. "Kecenderungan dari mereka bisa terdorong melakukan tindakan kekerasan," katanya dalam keterangan tulis yang diterima Republika.co.id, Jumat (16/2).

Menurut Anis, salah satu solusi untuk mencegah orang menjadi intoleran atau radikal karena pesan-pesan di dunia maya dan internet, dengan mengisi ruang tersebut dengan pesan-pesan positif secara konsisten. Konten positif juga bisa berupa kontra-naratif, yakni upaya menghadirkan fakta-fakta atau argumentasi yang membantah kebenaran pesan-pesan negatif yang disampaikan oleh kelompok intoleran atau radikal.

Keberhasilan kontra-narasi ini, kata dia, ditentukan oleh pemilihan media atau platform penyebaran yang sesuai. Pemilihan media ini mesti didasarkan pertimbangan seberapa banyak platform tersebut diakses oleh publik atau kelompok yang menjadi sasaran.

"Pada dasarnya semua topik bisa dibuat menjadi materi kontra-narasi di media online atau media sosial. Tinggal saja kita yang memilih materi apa saja yang dapat memberikan pesan kuat dalam mempromosikan toleransi dan menolak radikalisme agama atau suku di media online atau media sosial," kata Anis.

Dia mencontohkan, kisah indah pertemanan antar orang yang berbeda budaya, suku atau agama selalu menarik sebagai bahan untuk mempromosikan toleransi di media online atau media sosial. Cerita pertemanan lintas budaya, suku, lintas agama akan menyegarkan banyak orang, terutama di tengah maraknya peredaran pesan negatif yang mengajak orang untuk memusuhi dan membenci orang atau kelompok lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement