Senin 29 Jan 2018 15:04 WIB

Panglima TNI Sebut Santri Miliki Andil Besar

Para santri berjuang dengan intelektual takziah

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Esthi Maharani
Panglima TNI Hadi Tjahjanto
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Panglima TNI Hadi Tjahjanto

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebutkan, santri memiliki andil besar dalam memperjuangan kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Menurutnya, para santri berjuang dengan intelektual takziah kala itu.

"Sejarah Indonesia mencatat, santri memiliki andil yang sangat besar dalam kemerdekaan Indonesia hingga menjadi NKRI yang berdaulat sampai sekarang ini," ujar Hadi dalam keterangan pers yang Republika terima, Senin (29/1).

Para santri, kata dia, berjuang dengan dilandasi semangat patriotisme, intelektualisme, dan cita-cita besar menjadi bangsa yang berdaulat dan bermartabat. Dengan begitu, akhirnya santri yang bersatu dengan segenap komponen bangsa lainnya mampu mengusir penjajah di Tanah Air.

Partisipasi aktif santri dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia juga Hadi nilai sangat luar biasa. Selain berjuang dengan sangat patriotik dengan mengandalkan fisik dan persenjataan sederhana, para santri juga berjuang dengan intelektual takziah.

"Melalui ide-ide pemikiran dan gagasan yang berani serta siap menempuh resiko apapun demi kemerdekaan," tuturnya.

Hadi mengatakan hal tersebut dalam menghadiri acara Ijazah Kubro dan Pengukuhan Pimpinan Pusat serta Rakernas Pagar Nusa di lapangan Puser Bumi, Ciparna Cirebon, Jawa Barat, Ahad (28/1).

Ia menuturkan,kesempatan tersebut dapat dijadikan momentumkebersamaan dalam rangka meluruskan niat danmenguatkanikhtiar demi melanjutkan pengabdian dan dharma bhakti yang terbaik kepadaNKRI.

"Serta bersama-samadalam upaya menegakkan persatuan dan kesatuan bangsa," lanjut dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement