Rabu, 7 Jumadil Awwal 1439 / 24 Januari 2018

Rabu, 7 Jumadil Awwal 1439 / 24 Januari 2018

Ini Ciri Khas Masjid Abu Abbas al-Mursi

Ahad 14 Januari 2018 06:46 WIB

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Agung Sasongko

Masjid Abu Abbas Al-Mursi

Masjid Abu Abbas Al-Mursi

Foto: http://www.cheapholidayegypt.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Masjid ini memiliki lima kubah, dengan empat di antaranya terletak mengitari satu kubah utama. Ada corak mozaik yang indah di setiap kubahnya. Bentuk kubah- kubah itu agak slindris.

Gerbang masuk ke masjid ini terletak di sisi utara dan timur. Bangunan utama Masjid Abu Abbas al-Mursi berbentuk segi delapan. Pintu utama masjid ini berhadapan dengan sebuah kolam air mancur di seberangnya.

Pada bagian atasnya, terdapat papan nama berbahasa Arab, yang artinya Ingatlah Allah. Memasuki bagian dalam Masjid Abu Abbas al-Mursi, pengunjung akan terpukau oleh keindahan dekorasinya. 

Seperti dilaporkan laman promosi pariwi sata Mesir, SacredDesti nation. com, pada langit-langit, terdapat motif persegi empat arab dan corak bersegi de lapan yang ber nama Shokhs heikha.

Langit-langit masjid ini terletak 22 meter dari ketinggian. Langit-langit yang juga bagian sisi dalam kubah utama berdiameter lima meter. Pada setiap sisi masjid ini terdapat tiga jendela yang dihiasi kaca bermozaik warna.

Birainya terbuat dari aluminum. Lantai masjid ini berbahan dasar marmer berwarna putih. Pada ruang utama shalat, permadani merah berkualitas terbaik meliputi lantai mas jid ini.

Adapun pintu-pintu, mimbar, dan birai jendela tembus-pandang, terbuat dari kayu berkualitas tinggi. Pada mimbar Masjid Abu Abbas al-Mursi terdapat ukiran kayu bertulis kan ayat-ayat suci Alquran. Ukiran tersebut berlapiskan emas Prancis.

Mihrab ini terletak di dasar bagian menara masjid. Kaligrafi yang memuat nama lafaz Allah dan Nabi Muhammad SAW terdapat pada pilar yang berbah an dasar marmer Mesir.

Adapun kaligrafi tersebut memakai gaya Kufic. Pilar- pilar di dalam masjid ini kebanyakan bersisi delapan.Terdapat lampu kristal yang menggantung di bagian tengah langit- langit masjid ini.

Dinding bagian dalam masjid ini tidak polos begitu saja, tetapi terdapat pola-pola geometris yang indah.

Dekorasi tersebut tersebar merata pada dinding di ruang utama tempat shalat hingga ketinggian sekitar empat meter.

Pola-pola geometris ini menyerupai yang terdapat pada permukaan kubah sehingga menandakan keselarasan. Sampai saat ini, Masjid Abu Abbas al-Mursi berada dalam pengelolaan badan wakaf negara Mesir.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES