Ahad 31 Dec 2017 21:23 WIB

Warga Bandung Pilih Hadiri Muhasabah Republika

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agung Sasongko
Pembacaan ayat suci Alquran membuka Muhasabah Akhir Tahun Republika di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Ahad (31/12).
Foto: Irfan Fitrat/Republika
Pembacaan ayat suci Alquran membuka Muhasabah Akhir Tahun Republika di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Ahad (31/12).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Malam pergantian tahun, tak selamanya diisi dengan hura-hura. Namun, banyak masyarakat Bandung dan sekitarnya yang memilih untuk mengisi dengan kegiatan positif. Yakni, dengan menghadiri acara Muhasabah yang digelar Republika di Pusdai Jabar, Bandung, Ahad (31/12).

Berdasarkan pantauan, lebih dari 5 ribu jamaah hadir di Masjid Pusdai. Mereka, rata-rata datang bersama keluarganya. Sehingga, masjid pun ramai dengan anak-anak. Jamaah pun, khusyu mendengarkan ceramah dari KH Athian Ali.

 

Menurut salah seorang jamaah yang hadir ke Pusdai, Ujang Rachlan (55 tahun), ia sengaja datang ke Pusdai membawa serta cucunya. Karena, ingin mengajarkan pada cucunya agar mengisi malam pergantian tahun tersebut dengan kegiatan yang positif. Jadi, tak diisi dengan kegiatan hura-hura.

 

"Sebagai muslim, sebaiknya kita mengisi malam tahun baru dengan muhasabah. Jadi tak hanya hura-hura," ujar Ujang.

 

Ujang mengatakan, ia sangat menyembut baik kegiatan yang rutin di gelar oleh Republika ini. Ia berharap, setiap tahun kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan.

 

"Apalagi, kan ada doorprize umrahnya. Mudah-mudahan, rezeki saya," katanya.

 

Perlu diketahui, Republika Perwakilan Jawa Barat mengadakan Muhasabah Akhir Tahun. Kegiatan ini sudah rutin digelar setiap 31 Desember. Rangkaian kegiatan diadakan di Pusdai, Kota Bandung. Rencananya kegiatan muhasabah kali ini dihadiri Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Wakil Gubernur Jabar, Deddy Mizwar. Selain itu menghadirikan KH Athian Ali Dai, KH Tengku Maulana, serta Rektor Universitas Sangga Buana (USB) YPKP Bandung H Asep Effendi.

 

Ketua Panitia Muhasabah Akhir Tahun Republika, Yusuf Supriatna, mengatakan, kegiatan ini merupakan yang kesembilan kalinya diadakan di Bandung. Ia berharap kegiatan yang diadakan Republika bisa menjadi alternatif masyarakat dalam menyambut tahun baru.

 

Ia mengatakan, kegiatan muhasabah ini mengajak masyarakat untuk merenung dan merefleksikan diri atas apa yang telah dilakukan. "Sehingga, diharapkan bisa menjadikan diri lebih baik di masa mendatang. Mari kita jadikan momentum tahun baru ini untuk bermuhasabah diri, ujar Yusuf.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement