Sabtu 30 Dec 2017 14:05 WIB

Masyarakat Antusias Ikuti Donor Darah di Dzikir Nasional

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gita Amanda
Kegiatan Donor Darah Dalam Rangkaian Dzikir Nasional 2017 Masjid At-tin, Jakarta, Sabtu (30/12).
Foto: Rahmat Fajar/REPUBLIKA
Kegiatan Donor Darah Dalam Rangkaian Dzikir Nasional 2017 Masjid At-tin, Jakarta, Sabtu (30/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ratusan masyarakat antusias mengikuti donor darah hari kedua dalam rangkaian Dzikir Nasional Republika 2017 di Masjid At-Tin, Jakarta, Sabtu (30/12). Dibuka pukul 12.00 WIB masyarakat dengan sabar mengantre giliran untuk mendonorkan darahnya.

Yulianto, salah satu pendonor mengaku rutin mendonorkan darahnya. Kali ini merupakan yang ke-39 kalinya.

 

"Saya rutin biasanya di PLN Duren 3," ujar Yulianto saat berbincang dengan Republika.co.id di sela-sela donor, Sabtu.

 

Yulianto warga Kalibata itu mengatakan donor darah tujuannya untuk kesehatan dirinya. Saat mengetahui ada kegiatan ini, ia langsung menuju Masjid Agung At-tin.

 

Ia juga bersyukur sejauh ini belum ada keluhan apapun tentang kesehatannya. Gina warga Bambu Apus peserta lain, mengaku baru dua kali melakukan donor darah. Ia ingin kesehatannya tetap terjaga dengan donor darah. "Katanya kan donor darah cuci darah," ujar Gina.

 

Gina mendapatkan informasi kegiatan ini dari grup Whatsapp keluarga. Ia kemudian berangkat bersama suaminya. Namun suaminya dinyatakan belum bisa mendonorkan darahnya oleh petugas karena belum memenuhi syarat.

 

Pantauan republika.co.id, berbagai kelompok usia mengantre untuk mendonorkan darahnya. Pertama mereka mengisi formulir dengan mengisi beberapa pertanyaan yang tersedia di formulir pendaftaran.

 

Setelah itu mereka menunggu giliran di tes berat badan, darah dan tensinya. Baru kemudian dilakukan donor jika dinyatakan memenuhi persyaratan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement