Ahad 24 Dec 2017 04:33 WIB

Setan pun Takut kepada Sahabat yang Satu Ini, Siapa Dia?

Rep: Mgrol97/ Red: Agus Yulianto
Setan (ilustrasi)
Foto: thesatanictemple.com
Setan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Setan merupakan makhluk Allah SWT yang senantiasa menjerumuskan manusia kepada lembah nista. Namun Umar ibn Khatab menjadi satu-satunya manusia yang begitu ditakuti setan. Umar ditakuti oleh setan karena tak lain adalah kesabarannya, ia mengikat syahwatnya dengan mengekang hasrat dan keinginannya.

Dikutip dari buku yang berjudul ‘The Great of Two Umars’ karya Fuad Abdurrahman bahwa Sa’ad ibn Abi Waqash menuturkan Rasulullah SAW pernah berkata kepada Umar ra, “Demi dzat yang diriku berada dalam genggaman-Nya, tidaklah setan berpapasan denganmu dalam satu jalan kecuali ia akan memilih jalan lain selain jalan yang dilaluimu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Diriwayatkan dari ‘Aisyah r.a bahwa Rasulullah pernah bersabda, ”Sesungguhnya setan lari ketakutan jika bertemu Umar.”

Setelah Rasulullah kembali dari suatu peperangan, beliau didatangi seorang perempuan Arab. Dia ingin melaksanakan nazarnya bahwa jika Rasulullah kembali dengan selamat dari medan perang, dia akan memainkan musik di depan beliau. Rasul ternyata tidak keberatan seraya berkata, “Jika engkau bernazar demikian, mainkanlah musik  itu sekarang!”

 

Perempuan itu lalu memainkan musiknya dengan tidak sungkan-sungkan di depan Rasulullah. Tidak lama kemudian datanglah Abu Bakar, Ali dan Utsman. Perempuan itu terus saja memainkan musiknya. Kemudian datanglah Umar ra, perempuan itu berhenti memainkan alat musiknya dan meninggalkan tempat itu. Rasulullah SAW tersenyum dan berkata, “Setan telah pergi karena takut kepadamu, wahai Umar.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement