Selasa 19 Dec 2017 15:10 WIB

Peduli Kesehatan Gigi Anak, Laznas BSM Umat Gandeng IDGAI

Laznas BSM Umat menggelar  kegiatan penyuluhan, pemeriksaan, perawatan gigi untuk anak, di Jakarta, Ahad (17/12)..
Foto: Dok LAZ BSM Umat
Laznas BSM Umat menggelar kegiatan penyuluhan, pemeriksaan, perawatan gigi untuk anak, di Jakarta, Ahad (17/12)..

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masalah kesehatan gigi sering terlupakan, dan terabaikan. Hal ini tidak hanya menimpa pada anak-anak saja. )rang tua pun bahkan abai dengan kesehatan giginya.

Padahal penyakit yang paling membahayakan akibat kurangnya memelihara kesehatan gigi dan mulut yaitu bisa terkena penyakit kanker rongga mulut.

Karenanya, merespons soal kesehatan gigi, Lembaga Amil Zakat Nasional Bangun Sejahtera Mitra Umat (Laznas BSM Umat) menggelar kegiatan penyuluhan, pemeriksaan, perawatan gigi untuk anak.

Siaran pers Laznas BSM Umat yang diterima Republika.co.id, Selasa (19/12) menyebutkan, kegiatan  yang berkolaborasi dengan Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia (IDGAI) itu diadakan  di anjungan Sulawesi Selatan (Sulsel), TMII, Jakarta Timur, Ahad (17/12).  Kegiatan tersebut melibatkan sekira 200 anak dhuafa.

 

Direktur Philanthropy Laznas  BSM Umat, Rudi Irawan menjelaskan, kegiatan ini diselenggarakan sebagai bagian dari kepedulian Laznas  BSM Umat terhadap kesehatan gigi.

"Pernah ada penelitian bahwa sakit gigi mempengaruhi tingkat kerja seseorang. Faktanya, saat ini kesadaran pemeriksaan, dan pemeliharaan gigi masih rendah," kata Rudi Irawan dalam sambutannya di sela-sela kegiatan, di TMII, Jakarta, Ahad (17/12).

Selain diadakan di anjungan Sulsel, Laznas BSM Umat juga melakukan kunjungan ke beberapa anjungan. Hal itu bisa disebut sebagai jemput pasien.

"Laznas  BSM Umat berharap, kegiatan ini memberikan manfaat bagi mereka yang melakukan pemeriksaan gigi," ujar Rudi.

Antusiasme  anak-anak terlihat dari ekspresi mereka. Mereka bahkan tidak takut saat giginya diperiksa. "Adik-adik sudah siap ‘kan giginya diperiksa," tanya Rudi Irawan kepada anak-anak tersebut.

"Iya, mau," jawab anak-anak itu serentak.

Ketua IDGAI Drg Eva menambahkan, semoga dengan kegiatan ini menjadi awal kerja sama antara lembaga yang dipimpinny dengan Laznas  BSM Umat.

"Ke depan ini diharapkan bisa menjadi kerja sama yang berkelanjutan. Dan ini menjadi awal kerja sama ini," kata Drg Eva.

Selain kegiatan tersebut, Laznas  BSM Umat juga menggelar kegiatan tari, dongeng untuk anak, dan mengajak mereka untuk mengetahui hal-hal lain tentang gigi. Semua itu  dikemas dengan cara dan teknik yang disesuaikan dengan usia mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement