Senin 11 Dec 2017 14:15 WIB

Makanan Ini yang Digemari Rasulullah SAW

Rep: Mgrol97/ Red: Agus Yulianto
Pohon kurma (ilustrasi)
Foto: alfadel.org
Pohon kurma (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Buah-buahan yang paling Beliau SAW sukai adalah kurma, semangka, dan anggur. Kadang-kadang bBliau memakan buah anggur dengan mengigit dari tangkainya sehingga tampak air anggur itu menempel pada janggutnya seperti mutiara. Paling sering menu makan Rasulullah SAW adalah air dan kurma. Rasulullah SAW memakan al-qatsa (buah sejenis mentimun) dengan kurma dan garam.

Dikutip dari buku yang berjudul ‘Mutiara Ihya’ Ulumuddin’ karya Al-Ghazali bahwa Rasulullah SAW menggabungkan susu dengan kurma, dan Beliau menamainya al-athyabain (dua yang paling baik). Makanan yang sangat Beliau sukai adalah daging. Beliau bersabda, “Daging itu dapat menambah pendengaran, dan itu merupakan makanan utama di dunia dan di akhirat. Seandainya aku memohon kepada Tuhanku agar Dia memberiku makanan daging setiap hari, niscaya Dia akan memberi.”

Beliau pun biasa makan roti berkuah dengan daging dan labu air. Beliau menyukai labu air, dan Beliau berkata bahwa labu air itu adalah pohon saudaranya, Yunus AS. Aisyah ra berkata, “Jika kamu memasak sayur, perbanyaklah di dalamnya labu air, karena labu air dapat menguatkan hati orang yang susah.”

Aisyah juga mengatakan jika Rasulullah SAW biasa memakan daging burung yang diburu. Beliau sendiri tidak ikut berburu dan tidak pula memburunya. Beliau suka agar orang orang lain berburu untuknya dan membawakan padanya, lalu Beliau menyatapnya. Beliau pun suka memakan roti dan minyak samin.

Beliau menyukai makanan, jika dari daging kambing adalah bagian lengan dan bahu. Adapun jika dimasak dalam periuk adalah labu air, dari lauk-pauk adalah cuka, dan dari kurma adalah ‘ajwah (jenis kurma paling bagus).

Pada ‘ajwah itu, Beliau mendoakan keberkahan, dan mengatakan bahwa itu adalah dari surga serta obat penawar racun dan sihir. Di antara sayuran Beliau menyukai al-handaba, al-badzruj, dan sayuran al-hamqa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement