Jumat , 08 Desember 2017, 01:20 WIB

Ribuan Siswa SD Unjuk Gigi di Hadapan Dubes Arab Saudi

Rep: Wilda fizriyani/ Red: Esthi Maharani
Dokumen.
Delegasi peserta Festival Apresiasi Anak Islam berfoto bersama.
Delegasi peserta Festival Apresiasi Anak Islam berfoto bersama.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Sebanyak lima ribu siswa Sekolah Dasar (SD) mengikuti Festival Apresiasi Anak Islam di Hall Dome Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Beberapa diantaranya bahkan berusaha unjuk gigi kemampuan membaca dongeng dan Alquran di hadapan Dubes Arab Saudi untuk Indonesia.

Rektor UMM Fauzan menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menjadi agenda rutin Kantor Hubungan Luar Negeri (KHLN) dengan pemerintah Arab Saudi. "Semoga acara ini tidak berhenti dihari ini saja dan dapat berlangsung pada tahun-tahun selanjutnya, agar semua siswa memiliki memori kesan tersendiri terhadap kegiatan seperti ini," ungkap Fauzan di UMM Malang, Kamis (8/12).

Di kesempatan sama, Ketua Program Balagtus Sabiah wa Badaktu Ushalli Syeikh Muhammad Mahmud Assayid menerangkan, gelaran ini merupakan momen spesial dan penting sebagai bentuk apreasiasi ibadah anak. Dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan semangat anak dalam beribadah ke depannya. Terlebih lagi bagi anak-anak yang sudah memulai kegiatan shalat sejak usia tujuh tahun yang dianggapnya sebagai pahlawan dan pejuang agama dan bangsa.

Sementara itu, Duta Besar Saudi Arabia Osama bin Mohammed Abdullah Al Suhaibi mengingatkan, ibadah sholat yang telah dilaksanakan oleh anak-anak itu harus dijaga oleh orang tua dan guru. "Pada saat anak-anak di usia tujuh tahun sudah mulai sholat, maka sebagai guru dan orang tua kita harus bersama menjaga dan meningkatkan," tutupnya.