Kamis , 07 December 2017, 10:26 WIB

Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Masjid As Salam Yogyakarta

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Esthi Maharani
Republika/Wahyu Suryana
Pemeriksaan kesehatan dan mata gratis yang dilaksanakan di Masjid As Salam, Kampung Jetisharjo, Kelurahan Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta, DIY.   Kegiatan terselenggara dalam rangka Solidarity Week 2017 Accor Hotel Yogyakarta bersama Klinik Mitra Medika dan Akur Optik. Rabu (6/12).
Pemeriksaan kesehatan dan mata gratis yang dilaksanakan di Masjid As Salam, Kampung Jetisharjo, Kelurahan Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta, DIY. Kegiatan terselenggara dalam rangka Solidarity Week 2017 Accor Hotel Yogyakarta bersama Klinik Mitra Medika dan Akur Optik. Rabu (6/12).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemandangan Masjid As Salam di Kampung Jetisharjo, Kelurahan Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta memang beda dari biasanya. Di aula masjid digelar pemeriksaan kesehatan dan mata gratis. Pemeriksaan gratis dilaksanakan dalam rangka Solidarity Week 2017 Accor Hotel Yogyakarta, serta Klinik Mitra Medika dan Akur Optik.

Selepas pelaksanaan shalat Dzuhur, sejumlah perlengkapan layaknya yang ada di klinik-klinik kesehatan tampak telah menghiasai aula. Mulai dari peralatan tensi, meja pemeriksaan sampai alat tes mata telah tersedia, lengkap dengan petugas-petugasnya.

Sejumlah dokter yang memeriksa didatangkan dari Klinik Mitra Medika dan Akur Optik. Selain itu, Accor yang terdiri dari M Gallery Hotel, Grand Mercure, Novotel dan Ibis turut mengirimkan petugas-petugas kliniknya.

Melihat itu, puluhan masyarakat sekitarpun langsung mendatangi aula masjid untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan. Bahkan, barisan warga yang sebagian besar lanjut usia tersebut sudah mulai mengantri sebelum pemeriksaan resmi dilaksanakan.

GM Grand Mercure Hotel, Roni Martadinata mengatakan, ini merupakan CSR Accor yang dilaksanakan secara reguler. Ada cek kesehatan, menanam sejuta pohon, menanam tembakau, sampai donor darah yang dilakukan baik secara individu hotel maupun serentak semua hotel.

"Apalagi, kesehatan merupakan harta yang sangat berharga, terutama bagi masyarakat marjinal," kata Roni kepada Republika, Rabu (6/12) siang.

Setelah ini, Solidarity Week 2017 akan dilaksanakan lewat bantuan kepada masyarakat terdampak banjir dan longsor di salah satu desa di Kabupaten Kulonprogo. Bantuanpun sudah dikoordinasikan seperti peralatan rumah tangga, perlengkapan pembersih dan lain-lain.

Untuk pemeriksaan kesehatan sendiri, ia menerangkan, dilaksanakan selama dua hari di Masjid As salam. Setiap harinya, lanjut Roni, animo masyarakat untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis diperkirakan mencapai 30-100 orang.

Senada, salah satu pengurus Masjid As Salam, Fathin Nauval, mengaku senang adanya pemeriksaan gratis tersebut. Ia berharap, pemeriksaan kesehatan ini dapat diikuti masyarakat, sehingga manfaatnya dapat benar-benar dirasakan.

"Semoga banyak masyarakat yang mendapatkan manfaatnya," ujar Nauval.